Friday, May 20, 2022
25 C
Jakarta
More
    HomeWisata KulinerKulinerBisnis Kuliner Laris Manis? Ini Dia Tipsnya!

    Bisnis Kuliner Laris Manis? Ini Dia Tipsnya!

    Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang sedang banyak digemari masyarakat sekarang ini, terutama sejak pandemi COVID-19. Berawal dari ‘iseng-iseng’ di rumah, meluangkan waktu untuk coba-coba memasak sebagai kegiatan saat karantina, ternyata tidak sedikit masyarakat yang menjadikan kegiatan ‘iseng-iseng’ tersebut sebagai peluang usaha. 

    Mungkin beberapa dari kita sering mendengar kisah sukses para pengusaha makanan, baik melalui media internet maupun langsung melihat pengusaha tersebut. Salah satu yang membuat bisnis kuliner mereka menjadi besar dan sukses adalah keahlian dalam promosi. 

    Peluang usaha makanan atau bisnis kuliner akan selalu ada, serta memiliki variasi yang sangat banyak. Namun, selain kamu harus jago masak, kamu juga harus pandai promosi. Berikut ada beberapa hal penting untuk kamu pelajari dan lakukan dengan konsisten. 

    Menjaga kualitas produk 

    Menjaga kualitas produk atau makanan merupakan hal pertama dan yang paling penting agar menumbuhkan rasa percaya konsumen. Kamu perlu menjalankan aktivitas Quality Control, seperti memastikan rasa makanan tetap enak, menjaga tampilan tetap bersih, menarik, dan rapi, serta memastikan bahan makanan yang berkualitas dan sesuai standar kesehatan. 

    Photo by Kampus Production (Pexels.com)

    Mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan brand awareness

    Biasanya pengusaha besar menggunakan iklan melalui beberapa media, kamu sebagai pengusaha makanan dapat memanfaatkan kegiatan bazar atau event lainnya sebagai ajang iklan atau promosi. Kamu juga dapat memberikan harga spesial atau diskon khusus saat acara tersebut. Strategi ini dapat mendatangkan konsumen baru.

    Memanfaatkan media online agar lebih menghemat biaya

    Dengan memanfaatkan media online, kamu dapat menjangkau konsumen dari mana pun. Promosi media online juga bervariasi dan tergantung dari anggaran yang kamu miliki. Promosi dengan media online, seperti melalui Instagram, Facebook, atau Twitter juga lebih murah dibandingkan dengan menggunakan media televisi atau papan iklan.

    Menciptakan keunikan sebagai pembeda produk kamu dengan kompetitor 

    Agar produk kamu disukai para konsumen, buatlah sesuatu yang unik atau memiliki ciri khas. Cara ini dapat membuat konsumen lebih memilih produkmu ketimbang pesaing. Buatlah strategi tersendiri agar produk kamu mampu bersaing dengan yang lain. 

    Photo by Kampus Production (Pexels.com)

    Buatlah slogan atau jingle menarik yang selalu diingat

    Carilah kata yang simpel yang dapat digunakan sesuai dengan produk. Cara ini cukup efektif agar promosi kamu dapat berjalan lancar. Kamu dapat memasang slogan pada kemasan produk atau di setiap iklan audio dan video yang kamu buat. 

    Berikan reward pada konsumen setia

    Jika kamu sudah memiliki pelanggan setia, berikanlah mereka diskon khusus atau pelayanan khusus. Hal ini diharapkan agar pelanggan setia kamu tetap menjadi orang yang selalu membeli produkmu dan merekomendasikannya kepada teman-teman mereka. 

    Photo by Kampus Production (Pexels.com)

    Tingkatkan kualitas layanan 

    Melayani dari hati, ramah, serta sopan juga menjadi pengaruh bagi kemajuan bisnismu. Buatlah konsumen menjadi nyaman ketika berbelanja di tempatmu. Jika kamu memiliki karyawan, berilah mereka pendidikan atau cara-cara melayani konsumen dengan baik. 

    Meningkatkan kerjasama 

    Kerjasama yang luas dapat meningkatkan keuntungan besar bagi bisnis kulinermu. Beberapa kerjasama yang mungkin bisa kamu pertimbangkan, seperti kerjasama dengan instansi pemerintahan, industri pariwisata, ahli marketing, dan sebagainya. 

    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments