Friday, July 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Cara Mengatasi Rambut yang Mengembang

    Setiap wanita pasti mempunyai impian mempunyai rambut yang indah dan lembut. Tetapi, ada masanya rambut sulit diatur, seperti mengembang dan kaku bahkan terlihat berantakan. Yuk, simak cara mengatasi rambut mengembang dan kaku, tentuntya mudah dilakukan di rumah!

    Jika kalian merasa rambut kalian mengembang dan kaku, jangan terburu-buru untuk merawatnya ke salon dengan biaya yang relatif mahal. Hal tersebut dapat kalian atasi dirumah dengan langkah-langkah berikut:

    Pahami jenis rambut

    Memahami jenis rambut adalah hal pertama jika ingin melakukan perawatan baik dirumah maupun disalon. Rambut dengan jenis kering dan kasar membutuhkan perawatan ekstra, sementara itu, untuk rambut dengan jenis lurus mungkin tidak membutuhkan banyak minyak dibandingkan rambut yang keriting. Kondisi rambut dapat berubah disebabkan faktor usia hingga iklim tempat tinggal.

    Coba gunakan gel lidah buaya

    Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi rambut bahkan untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Manfaat lain lidah buaya yaitu membantu menyembuhkan sel-sel rambut yang rusak dikulit kepala. Berikut bahan-bahan pendukung yang digunakan untuk perawatan rambut dengan lidah buaya:

    • 2 sendok makan gel lidah buaya
    • 1 sendok makan jus lemon
    • 2 sendok teh minyak jarak
    • 2 sendok teh madu

    Campurkan bahan-bahan diatas dalam satu wadah. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada rambut basah dan biarkan hingga rambut mongering. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo dan kondisioner.

    Baca juga: Perawatan Rambut Untuk Wanita Berhijab

    Photo by Karolina Grabowska from Pexels

    Masker pisang dan madu

    Masker campuran pisang dan madu bisa menjadi solusi untuk mengatasi rambut mengembang dan kaku. Masker ini dapat menjadikkan rambut halus dan jatuh. Berikut langkah-langkah membuat masker rambut campuran pisang dan madu:

    • Haluskan pisang
    • Tambahkan madu
    • Tambahkan ½ cangkir yogurt (bila ada)
    • Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun

    Campurkan bahan-bahan diatas dan oleskan secara merata pada rambut. Setelah itu, bungkus rambut dengan handuk selama satu jam atau lebih. Terakhir, bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo dan biarkan kering dengan alami.

    Photo by Tz.dhanjit from Pexels

    Gunakan minyak kelapa

    Minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang cocok untuk merawat rambut karena minyak kelapa dapat bekerja untuk memenuhi protein di rambut. Selain itu, minyak kelapa dapat membantu rambut menjadi lembut. Berikut bahan-bahan pendukung yang digunakan untuk perawatan rambut dengan minyak kelapa:

    • 2 sendok makan minyak zaitun
    • 2 sendok makan madu
    • 2 sendok makan yogurt
    • 2 sendok makan minyak kelapa

    Campurkan bahan-bahan diatas dalam satu wadah. Kemudian, oleskan pada kulit kepala dengan memijat selama 5-10 menit. Lalu, diamkan 45-60 menit. Setelah selesai, bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo dan kondisioner. Bila rambut sudah kering, oleskan 1 sendok teh minyak kelapa pada kulit kepala dan biarkan menyerap.

    Hindari keramas dengan air hangat

    Mandi menggunakan air hangat dengan mengguyurnya keseluruh tubuh memang lebih nikmat. Namun, nyatanya air hangat mempunyai potensi untuk merusak rambut serta membuat rambut menjadi kering dan kaku. Jadi, sebaiknya cuci rambut kalian menggunakan air dingin saja ya, untuk meminimalisir kerusakan pada rambut.

    Baca juga: Aksesoris Menarik yang Melengkapi Penampilanmu

    Alycia Putri
    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here