Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeSerba-serbiTips and TrickCara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang Lebaran

    Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang Lebaran

    Penurunan semangat kerja setelah menghabiskan libur panjang seperti Lebaran memang sering terjadi. Liburan panjang tentu menjadi momen yang menyenangkan bagi para pekerja untuk bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga. 

    Hari pertama masuk kerja setelah libur panjang mungkin terasa berat bagi sebagian orang. Bahkan tidak sedikit seseorang mengalami stres usai libur panjang alih-alih badan dan pikiran menjadi segar. 

    Untuk mengembalikan semangat kerja, ada beberapa tips yang bisa kamu coba, dikutip dari berbagai sumber.

    Menyadari Pola Pikir dan Tetap Fokus

    Photo by Agefis from Unsplash

    Sadari bahwa kini saatnya kembali ke aktivitas semula. Ketika kamu menyadari kenyataan yang ada. Pastikan juga bahwa dirimu fokus pada pekerjaan. Ingat lagi bahwa pekerjaan ini penting untukmu dan keluarga. Sadari lagi bahwa liburan memang menyenangkan, tapi libur yang terlalu panjang justru akan membuatmu merasa sangat bosan.

    Berinteraksi dengan Rekan Kerja

    Photo by Fauxels from Pexels

    Berinteraksi dengan rekan kerja dapat meningkatkan semangat saat sudah kembali bekerja setelah liburan panjang. Kamu bisa bertukar cerita saat mengisi waktu liburan. Selain meningkatkan semangat, berinteraksi dapat membentuk ikatan dengan rekan kerja dan mempersiapkan tim untuk kembali bekerja.

    Baca juga: Presentasi? Jangan Nervous dan Lakukan 5 Hal Ini!

    Mulai Bekerja di Awal Waktu

    Usahakan untuk memulai kerja di awal waktu. Memulai kerja di awal waktu akan membuat pikiran lebih rileks dan fokus. Bekerja lebih awal juga akan membuatmu merasa lebih ringan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada.

    Tetap Terhidrasi dan Cukupi Nutrisi Tubuh dengan Baik

    Photo by Jason Briscoe from Unsplash

    Menjaga agar tetap terhidrasi dan makan makanan bergizi penting untuk dilakukan. Perbanyak minum air putih dan konsumsi buah atau sayur agar tubuh bisa lebih segar. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, kamu bisa menggantinya dengan minuman herbal.

    Menyusun Rencana Pekerjaan

    Setelah libur cukup lama, terkadang kamu harus memulai kembali pekerjaan dari nol atau melanjutkan tugas yang belum diselesaikan sebelum rehat. Identifikasi tugas apa saja yang harus diselesaikan. Selanjutnya urutkan menurut tingkat kepentingannya. Buatlah daftar rencana pekerjaan supaya bisa dilihat sepanjang hari, sehingga kamu bisa mengerjakan sesuai kebutuhan agar tidak mudah lupa.

    Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Kehidupan dan Waktu Kerja Dapat Seimbang

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments