Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Cara Mudah Membuat Promosi Produk Profesional Hanya Dengan Smartphone

    Memasarkan sebuah produk tentu memerlukan konten yang menarik. Sehingga mampu mencuri perhatian konsumen hingga berlanjut pada pembelian. Salah satu cara terbaik untuk melakukan promosi usaha kamu adalah melalui foto ataupun video marketing.

    Penggunaan pemasaran foto dan video dapat memungkinkan kamu untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.  Banyak yang beranggapan bahwa foto atau video produk yang bagus dihasilkan oleh kamera mahal dan dilengkapi oleh peralatan berkualitas tinggi. Namun ternyata hal tersebut bukan satu-satunya cara, kamu pun bisa menggunakan smartphone saja.

    Apalagi kualitas foto dan video smartphone bisa disandingkan dengan hasil dari kamera profesional dengan beberapa proses editing dari fitur-fitur yang sudah ada. Namun ada hal yang harus diperhatikan yaitu tampilan dari foto atau video yang kamu buat. Mengapa tampilan begitu penting? Karena daya tarik visual dapat mempengaruhi persepsi setiap pelanggan.

    Bagi kamu yang ingin mencoba cara ini, berikut ini beberapa tips agar hasil foto dan video produk terlihat lebih profesional:

    1. Gunakan Resolusi Semaksimal Mungkin 

    Kualitas kamera smartphone saat ini tidak kalah dengan gadget lain yang dikhususkan untuk pengambilan foto dan video. Setidaknya rata-rata smartphone sudah memiliki resolusi kamera di atas 5 megapixel. Kamu harus memanfaatkan resolusi terbaiknya untuk menghasilkan foto produk berkualitas. Selain pengaturan pada resolusi, kamu juga harus mengatur ISO yang tepat, white balance yang sesuai dan lain sebagainya.

    1. Komponen-Komponen Proposional

    Bukan hanya jelas, visual yang baik pun sebaiknya proporsional. Sehingga gambar, audio, dan teks yang dimasukan harus ditata sesuai komposisi agar enak dipandang mata. Jangan lupakan permainan warna, sebab setiap warna memiliki makna yang akan mempengaruhi psikologis para konsumen dalam menentukan keputusan pembelian.

    Baca juga: Meningkatkan Penjualan Lewat Fitur Live Streaming di E-commerce? Kenapa Tidak?

    1. Pencahayaan yang Baik

    Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan. Pencahayaan yang buruk akan berdampak pada kualitas foto. Bila pencahayaan dirasa kurang, kamu bisa menggunakan lampu duduk yang dipasang di kanan atau kiri produk. Kamu juga dapat memanfaatkan cahaya matahari untuk hasil yang lebih alami.  Namun,  hindari penggunaan lampu flash pada smartphone, karena justru akan merusak hasil tangkapan kamera.

    1. Buatlah Naskah untuk Storytelling

    Storytelling dalam pembuatan video promosi berfungsi untuk mendekatkan manfaat produk atau brand dengan kebutuhan dan solusi yang dicari calon pelanggan. Jadi sebelum mengambil atau merekam gambar, ada baiknya kamu membuat script atau naskah untuk membuat prosesnya. Video dengan gaya bercerita juga akan menyamarkan kesan menjual atau hard selling.

    Setelah mengetahui beberapa tips di atas, kamu butuh inspirasi untuk membuat foto atau video promosi yang menjual sekaligus menarik? Jangan khawatir, kamu dapat mengulik konsep hingga elemen-elemen membuatnya dengan mengikuti Webinar SANUBARI Sesi 4 dari SiCepat Ekspres.

    Webinar SANUBARI SiCepat sesi 4 ‘Membuat Foto dan Video Promosi Hanya Modal Smartphone’ bersama M Ali Maftuh, Jumat 19 Agustus 2022.

    Sesi kali ini akan membahas mengenai cara membuat foto dan video promosi hanya bermodalkan smartphone bersama mentor berpengalaman yaitu M Ali Maftuh. Yuk, catat tanggal webinarnya yaitu Jumat 19 Agustus 2022. 

    Langsung aja daftarkan diri kamu melalui link pendaftaran https://bit.ly/WebinarSanubariSesi4 

    Kamu juga bisa mencari informasi lengkap tentang jadwal pelaksanaan webinar melalui channel Telegram di link https://bit.ly/InfoWebinarSanubari . Kunjungi laman resmi SiCepat Ekspres melalui media sosial Instagram @sicepat_ekspres, @sahabatsicepat dan @sicepat.sanubari  atau mengunjungi website www.sicepat.com  dan blog www.sahabatsicepat.com .

    Baca juga: Ingin Ide Bisnismu Jadi Nyata? Join Program SANUBARI Business Plan Competition SiCepat Ekspres

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here