Sunday, October 17, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Fakta Unik Motor Bebek Legendaris, Yamaha

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Yamaha pada mulanya dikenal sebagai pabrikan motor dua tak, sebelum akhirnya terkenal dengan motor sport empat tak-nya. Awalnya, Yamaha masuk melalui importir umum karena belum memiliki pabrik di Indonesia. Salah satu motor Yamaha yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah Yamaha V50 secara Completely Built Up (CBU).

Motor tersebut menjadi awal mula perjalanan panjang motor bebek Yamaha di Indonesia. Yamaha V50 menjadi motor yang mudah dikendarai dan dirawat. Motor ini dibekali mesin dua tak berkonde seri V dengan kapasitas sebesar 49 cc. Sistem V pada motor ini masih menggunakan kaburator dengan berat keseluruhan mencapain 74 kilogram. Kapasitas tangkinya 4,5 liter, serta kapasitas tangka oli samping sebesar 1,2 liter.

Suspensi depan menggunakan leading ink, sementara suspensi belakang menggunakan double shock. Di beberapa daerah, motor bebek satu ini dikenal sebagai Yamaha Meri atau Yamaha Minthi. Tak lama setelahnya, hadir edisi facelift yang dinamakan Yamaha V50M dan Yamaha V75.

Pada tahun 1978, Yamaha V80 muncul dan menggantikan model V50. Kapasitas mesinnya 80 cc dan dua tak. Melalui transmisi manual tiga percepatan, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,7 hp per 7.000 rpm dan torsi sebesar 8 Nm.

Yamaha V80 sudah dibekali starter elektrik. Namun, sistem pengeremannya masih menggunakan tromol. Sesuai dengan konsepnya yang mudah dikendarai, Yamaha V80 bisa mencapai kecepatan maksimum hingga 60 km/jam, sehingga menjadikannya motor bebek paling lincah di zamannya, dan menjadi favorit anak muda. Motor bebek ini juga diklaim irit bahan bakar karena mampu menempuh 72 km/liter bahan bakar dan 1.200 km/oli samping dengan kecepatan mulai dari 30 hingga 40 km/jam.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

Mengawali bisnis pasti ada saja tantangan dan kesulitan yang kamu alami. Terkadang rasanya ingin menyerah saja, tetapi tentunya tidak...

Sicepat Ekspres Berikan Bantuan Perahu Karet ke BPBD Kabupaten Bekasi Untuk Antisipasi Bencana Banjir

SiCepat Ekspres melalui kegiatan CSR SiCepat Peduli menyalurkan bantuan berupa perahu karet ke BPBD Kabupaten Bekasi pada hari Jumat, 8 Oktober...

PeduliLindungi kini dapat diakses melalui Chatbot WhatsApp

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat pemerintah dengan tujuan membantu pelacakan dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini memerlukan peran masyarakat...

Populer Artikel