Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hobi yang Bisa Menjadi Penghasilan Tambahan

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Setiap orang pasti memiliki hobi. Hobi yang kamu lakukan bisa saja memberikan penghasilan tambahan, bahkan dengan jumlah yang tidak kecil. Jika kamu salah satu orang yang memiliki hobi-hobi seperti di bawah ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan penghasilan tambahan!

Fotografer

Photo by Matt Hardy from Pexels

Jika kamu menyukai bidang fotografi, bahkan memiliki skill yang cukup baik dalam bidang ini, kamu bisa mencoba menjadikannya peluang bisnis. Tidak jarang, orang rela membayar mahal demi mendapatkan hasil foto yang bagus.

Biasanya fotografer dibutuhkan untuk sesi pemotretan pernikahan, prewedding, acara perusahaan, ulang tahun, dan sebagainya. Selain menyediakan jasa fotografer, kamu juga dapat menjual hasil potretanmu, seperti di shutterstock.com, fotolia.com, dan sebagainya.

Menulis

Photo by Judit Peter from Pexels

Sebagai pecinta tulisan dan cerita atau makna dibalik tulisan tersebut, kamu bisa menjadikan hobi menulis sebagai peluang bisnis. Kamu bisa memulainya dengan menulis blog atau melamar pekerjaan sebagai freelance writer.

Jika kamu gemar menulis artikel-artikel feature,  kamu bisa memberikan hasil tulisanmu kepada media, seperti majalah, koran, atau portal media online. Selain itu, kalau kamu hobi menulis novel dan puisi, kamu bisa menyalurkannya ke Wattpad. Wattpad adalah aplikasi dimana kamu bisa bebas menulis apapun baik puisi atau novel.

Makeup Artist

Photo by Yogendra Singh from Pexels

Jasa makeup artist  atau MUA juga merupakan profesi yang diawali dari hobi tata rias wajah. Bayaran seorang makeup artist  pun tidak main-main, bisa mencapai jutaan untuk satu orang klien. Menjadi seorang MUA diperlukan keahlian khusus, tidak semua orang bisa melakukannya. Itulah yang menjadi alasan mengapa wanita rela mengeluarkan uang cukup banyak untuk menyewa seorang MUA di hari terpentingnya, salah satunya hari pernikahan.

Merajut

Photo by Ifrah Akhter on Unsplash

Hobi merajut kini sedang tren di masyarakat. Merajut menjadi kegiatan popular semenjak pandemi Covid-19 yang membuat kita semua terbatas untuk beraktivitas di luar rumah. Hobi merajut bisa kamu jadikan penghasilan tambahan yang menggiurkan.

Menjadi seorang pengrajut dibutuhkan ketelatenan, ketelitian, dan latihan yang tekun. Dari merajut, kamu bisa membuat berbagai macam kerajinan tangan, seperti taplak meja, baju, pakaian bayi, sepatu bayi, boneka, dan lain-lain.

Bermain alat musik

Photo by Gabriel Yuji on Unsplash

Kalian bisa memperoleh penghasilan tambahan dari hobi ini. Bermain alat musik, seperti gitar, drum, bass, dan lainnya dapat menjadikan kamu seorang entertainer. Kamu dapat tampil di panggung musik, mungkin bisa dimulai dari pensi dan kafe. Tidak selalu naik ke panggung, kamu juga bisa memulainya dengan membuat cover lagu dan diunggah ke YouTube. Semakin banyak views dari video yang kamu unggah, maka semakin banyak pula uang yang akan didapatkan.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel