Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Indonesia Jadi Pengirim Atlet Terbanyak, Berikut 4 Fakta Menarik ASEAN Para Games 2022

    Salah satu pagelaran olahraga terbesar di Asia Tenggara yaitu ASEAN Para Games 2022 saat ini tengah digelar sejak 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022. Para atlet difabel dari seluruh negara ASEAN ini disatukan dan sedang berkompetisi satu sama lain yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah.

    Tujuan diadakannya ASEAN Para Games 2022 yaitu memberikan wadah bagi para atlet difabel demi mengembangkan potensi yang dimiliki. Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 usai menggantikan Vietnam yang memilih mundur. 

    11 negara di Asia Tenggara yang berpartisipasi dalam turnamen ini di antaranya adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Laos, Vietnam, Filipina, Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, Myanmar, dan Timor Leste.

    Lalu apa saja hal-hal menarik dari pagelaran ASEAN Para Games 2022 ini? Yuk, simak beberapa faktanya berikut ini:

    Logo ASEAN Para Games 2022

    Sumber: Tempo

    Logo ASEAN Para Games kali ini bertemakan budaya Surakarta atau Solo. Gunungan, keris, aksara Jawa, dan Wayang terdapat di logo resmi ASEAN Para Games 2022. Adapun maskot turnamen bernama Rajamala yang merupakan pusaka keraton yang memiliki bentuk canthil. Hal ini melambangkan kebesaran Keraton Surakarta.

    Kota Solo, Jawa Tengah Terpilih Sebagai Venue Turnamen

    ASEAN Para Games 2022 kali ini digelar di Kota Solo, Jawa Tengah yang berlokasi di Stadion Manahan. Sebelumnya Kota Solo pernah menjadi tuan rumah pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni di tahun 1948. Selain itu, stadion Manahan merupakan markas salah satu klub di persepakbolaan Indonesia yakni Persis Solo.

    Baca juga: SiCepat Ekspres Gelar Turnamen Sepakbola SiCepat FC

    Indonesia Diharapkan Panen Medali

    Atlet blind judo Indonesia peraih medali perak, Agung Gondolimo (kiri) dan peraih medali emas, Sahrul Sulaiman, dalam laga ASEAN Para Games 2022 di Tirtonadi Convention Hall, Selasa (2/8/2022). Sumber: dok. APG 2022

    Salah satu cabang olahraga andalan dari Indonesia adalah para atletik. Dari sekian banyak cabang olahraga (cabor) para atletik menjadi salah satu cabor yang mengirimkan banyak sekali atlet hebat kebanggaan Indonesia. Sehingga Indonesia diharapkan bisa mendapat banyak medali. Apalagi tim Indonesia telah menargetkan untuk mendapatkan 25 medali selama perhelatan ASEAN Para Games 2022.

    Jadi Pengirim Atlet Terbanyak

    Kontingen tuan rumah Indonesia saat melakukan defile dalam upacara pembukaan 11th ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu 30 Juli 2022. Sumber: dok. APG 2022

    Indonesia menjadi salah satu pengirim atlet terbanyak pada pagelaran ASEAN Para Games 2022 yaitu sebanyak 324 atlet dalam 14 cabang olahraga. Hal ini dilakukan demi menambah peluang Indonesia dalam mendapatkan juara umum. Apalagi Indonesia sedang menjadi tuan rumah dalam ASEAN Para Games 2022.

    Baca juga: Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022 Resmi Dibuka 606 Atlet Siap Beraksi

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here