Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Ini 5 Alasan Kenapa Pria Juga Harus Menggunakan Skincare

    Menjadi seorang pria tentu bukan berarti tidak perlu melakukan perawatan (skincare) untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah. Peduli terhadap kesehatan kulit dan wajah juga bukan berarti kamu bukanlah lelaki seutuhnya.

    Saat ini memang para pria mulai sadar pentingnya perawatan wajah. Itulah sebabnya berbagai produk dan jasa perawatan kulit khusus pria semakin banyak beredar dan diminati oleh masyarakat. 

    Berbeda dengan kulit wanita, kulit pria memiliki lebih banyak folikel rambut, kandungan kolagen pada kulit, serta produksi sebum yang lebih aktif. Jadi nggak heran kalau pria sebenarnya lebih rentan mengalami masalah kulit terutama pada wajah.

    Berikut ini beberapa alasan kuat mengapa pria juga perlu merawat kulit, yaitu:

    1. Lebih Banyak Beraktivitas di Luar Ruangan
    Photo by User6697855 from Freepik

    Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan seperti pergi bekerja, olahraga, hingga main bola di lapangan, pori-pori di kulit wajah akan tersumbat dan kotor karena terpapar polusi dan debu jalanan. Akibatnya, kulit pria cenderung mudah berminyak dan rentan muncul jerawat. 

    Pria lebih cenderung memiliki pori-pori yang besar, setidaknya perlu saja mencuci muka dengan facial wash agar pori-pori di kulit wajah terbebas dari kotoran yang tersumbat. Selain itu juga bisa mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah.

    1. Melindungi Kulit dari Tanda-Tanda Penuaan
    Photo by Freepik from Freepik

    Sama halnya seperti wanita, pria juga menunjukkan tanda-tanda penuaan. Garis-garis halus dan kerutan bisa muncul seiring bertambahnya usia, dan jika kamu tidak melakukan usaha apa-apa, kemungkinan akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

    Rutinitas perawatan kulit pria minimal harus mencakup pelembab setiap harinya. Menjaga kulit senantiasa lembap dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, dan bahkan terkadang memperbaiki kerusakan yang ada.

    Baca juga: Rekomendasi Aksesoris yang Cocok Untuk Pria dan Wanita

    1. Aktivitas Mencukur Membuat Kulit Stres
    Photo by Drobotdean from Freepik

    Setiap kali bercukur, kamu menghilangkan lapisan atas sel kulit, mengekspos kulit yang belum matang yang lebih sensitif terhadap faktor eksternal. Kulit yang terlalu sensitif ini membutuhkan perawatan yang lebih. 

    Jika kamu berpikir bahwa menumbuhkan atau memiliki janggut dapat membebaskan kamu dari kewajiban merawat kulit, pemikiran itu benar-benar keliru. Memiliki janggut yang lebat menimbulkan berbagai tantangan, sehingga kamu tetap perlu merawat kulit wajah.

    1. Merawat Kulit Wajah Adalah Sebuah Investasi
    Photo by Lgolubovystock from Freepik

    Pada dasarnya, merawat kulit wajah itu memang kewajiban semua orang. Baik wanita maupun pria. Sama halnya seperti merawat tubuh, wajah juga perlu dirawat. Merawat kulit wajah dimulai dari sekarang bisa menjadi sebuah investasi untuk jangka panjang. Rutin menggunakan skincare di jangka panjang akan menghasilkan kulit wajah yang sehat, dan juga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

    1. Meningkatkan Kepercayaan Diri
    Photo by Makistock from Freepik

    Wajah kusam dan berjerawat seringkali membuat kepercayaan diri semakin menurun. Kulit wajah yang sehat dan bebas dari berbagai permasalahan kulit akan meningkatkan kepercayaan diri kita. Tampil percaya diri itu sangat penting. Selain membuat kamu merasa percaya diri untuk tampil di depan umum, hal ini akan membuat orang merasa nyaman berinteraksi dengan kamu.

    Baca juga: 3 Skincare Pria Untuk Tampilan Ganteng Maksimal

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here