Sunday, June 26, 2022
25.6 C
Jakarta
More

    Ini Urutan Skincare Rutin Pada Remaja, Basic Perawatan bagi Pemula

    Memasuki usia remaja, mereka akan menemukan berbagai masalah kulit terutama pada wajah yang disebabkan oleh peningkatan hormon, polusi udara, debu, hingga stress karena lingkungan. Hal inilah yang membuat kulit wajah pada remaja menjadi kusam, pori-pori tersumbat, dan munculnya jerawat. Dalam menjaga kesehatan kulit sejak dini, penggunaan produk perawatan kulit atau skincare menjadi hal yang penting dilakukan.

    Skincare adalah berbagai produk perawatan kulit yang terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari sabun pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya. Berikut adalah urutan skincare untuk remaja pemula yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit:

    Sabun Cuci Muka

    Photo by Pvproductions from Freepik

    Cuci muka merupakan tahap awal yang tidak boleh terlewat. Apapun jenis kulit kamu, pilihlah sabun cuci muka yang kandungannya ringan dan mampu menyingkirkan kotoran serta minyak di wajah. Kamu dapat melakukan cuci muka minimal 2 kali sehari, yakni pada oagi dan malah hari sebelum tidur. 

    Bagi remaja dengan kulit wajah normal atau kombinasi, pilihlah sabun pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Sabun ini dapat membantu mengendalikan produksi minyak sekaligus meningkatkan hidrasi kulit.

    Toner Wajah

    Photo by User3008571 from Freepik

    Fungsi toner wajah yaitu membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah tahap membersihkan wajah. Toner juga bermanfaat dalam membantu mengembalikan pH kulit kamu yang hilang saat mencuci muka. 

    Bagi kamu dengan kulit berjerawat, penggunaan toner dengan kandungan tertentu bisa membantu meredakan jerawat meradang, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari.

    Pelembap

    Photo from Moose Photos from Pexels

    Penggunaan pelembap bertujuan untuk membuat kulit terhidrasi, terasa kenyal, dan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus. Cara mengoleskan pelembap adalah ambil dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan.

    Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat. Gunakanlah produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit serta target masalah kulit kamu yang alami.

    Baca juga: Tips Make Up Agar Tetap Fresh Meski Pakai Masker

    Moisturizer

    Photo by Jcomp from Freepik

    Kemudian jangan lupa untuk memberikan kelembapan tambahan pada wajah dengan bantuan moisturizer yang menghidrasi dan menyehatkan kulit. Pelembap ibarat sebuah makanan untuk kulit, jadi pilihlah moisturizer yang ringan dan bebas minyak. 

    Moisturizer dapat digunakan pagi hari untuk melindungi kulit anak dari pengaruh luar dan membuatnya tampak bercahaya dan segar. Kemudian juga digunakan malam hari yang khusus dengan jenis kulit kamu.

    Sunscreen

    Photo by Lazybear from Freepik

    Pilih produk tabir surya (sunscreen) yang memiliki kandungan Sun Protection Factor (SPF) untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jadi penggunaan sunscreen sebagai urutan skincare untuk remaja pemula tidak boleh sampai terlewat. Kamu bisa menggunakan sunscreen yang mengandung zinc oxide untuk mencegah munculnya masalah jerawat.  

    Oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar secara perlahan.  Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik.

    Baca juga: Cara Merawat Makeup Agar Tidak Cepat Rusak

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here