Friday, July 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Inilah Pentingnya Cheat Day di Tengah Diet

    Menjalani program diet tentu membutuhkan pengorbanan untuk dapat mengatur menu makanan yang dikonsumsi secara ketat. Tetap patuh pada aturan menu diet akan membantu membentuk badan sesuai yang kita inginkan.

    Namun, ada kalanya cheat day atau bebas mengkonsumsi makanan yang tidak ada dalam menu diet perlu dilakukan. Biasanya, orang yang sudah terbiasa menjalani fitness atau workout akan melakukan cheat day satu hari dalam seminggu dengan menu junk food, gorengan, dan makanan berlemak lainnya.  Selain itu, kamu juga perlu mengetahui pentingnya alasan cheat day selama diet sebagai berikut!

    Meningkatkan Metabolisme Tubuh

    Selain memuaskan perut dengan berbagai makanan junk food, cheat day juga dapat membantu menaikkan metabolism tubuh dengan peningkatkan kadar hormon leptin dalam tubuh. Hal ini juga diakui oleh pakar manajemen berat badan, jika produksi hormon leptin dalam tubuh meningkat, maka akan semakin meningkatkan metabolisme tubuh.

    Saat kamu menjalankan diet, tubuhmu juga akan ikut mengubah sistem metabolisme karena menerima asupan kalori yang lebih rendah dari biasanya. Oleh karena itu, para ahli beranggapan jika melakukan cheat day secara rutin dapat membantu menjaga metabolisme tubuh.

    Membuat Tubuh Lebih Berenergi

    Photo by sporlab on Unsplash

    Selama menjalani program diet, tubuhmu akan kekurangan zat glikogen dalam otot dan akan memicu gangguan berupa rasa nyeri dan sakit pada area otot sehingga menganggu aktivitas workout. Cheat day akan membantu memulihkan peningkatan zat karbohidrat dan kembali mengisi glikogen yang kurang.

    Baca juga: Rutin Bangun Pagi Bikin Mood Semakin Bahagia

    Mengatur Keseimbangan Hormon

    Mengkonsumsi makanan rendah kalori selama diet akan menganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Contoh yang paling sering dialami saat hormon terganggu adalah muncul masalah kerontokan rambut, pusing, kelelahan, dan jadwal menstruasi yang tidak teratur. Untuk mengembalikan keseimbangan hormon, maka kamu perlu melakukan cheat day dengan konsumsi kalori yang cukup.

    Menghindari Kebosanan Saat Diet

    Tak dapat dipungkiri, rutin melakukan diet dalam jangka waktu panjang dengan menu makanan yang monoton dapat memicu rasa bosan. Untuk poin ini, kamu bisa menggunakan cheat day sebagai alasan untuk makan di luar bersama teman sambil mencicipi list makanan yang sudah lama kamu impikan bersama teman.

    Membantu Lebih Konsisten Saat Diet

    Photo by Brooke Lark on Unsplash

     

    Banyak orang yang gagal menjalani diet karena tidak kuat menjalani sampai akhir. Kegagalan ini sering dipicu karena kita tidak dapat menahan untuk kembali mengkonsumsi makanan sebelum diet. Kamu bisa membuat jadwal khusus untuk cheat day agar dapat menjalani diet sesuai target namun masih bisa makan sepuasnya.

    Baca juga: Kenali Fakta Chiropractic yang Sedang Viral

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here