Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Jangan Sampai Telat Ganti Oli Motor! Ini Dia Efeknya

    Oli menjadi salah satu elemen yang penting peranan dan fungsinya bagi kendaraan sepeda motormu. Namun biasanya, banyak orang yang lalai dan lupa untuk mengecek apakah kondisi oli motornya masih layak dan baik digunakan, atau tidak. Padahal, kelalaian ini bisa saja memberikan efek buruk bagi kendaraan lho!

    Nah, inilah beberapa efek yang bisa timbul akibat kelalaian dalam mengganti oli motor, guys!

    Sepeda motor tak nyaman digunakan

    Hal pertama yang akan kamu rasakan ketika kelupaan dan lalai mengganti oli motor tentu saja ketidaknyamanan saat berkendara. Adanya getaran yang sangat terasa pada bagian mesin bisa jadi merupakan efek dari oli mesin yang sudah tidak bagus kualitasnya. Karena oli berfungsi sebagai pelumas mesin, jika cairan oli sudah jelek, tentu akan membuat gesekan antara mesin akan sangat terasa sehingga membuat mesin bergetar lebih keras. Hal ini membuat kendaraan tidak nyaman untuk dikendarai.

    Overheating

    Oli yang sudah lama tidak diganti akan menimbulkan efek buruk bagi mesin kendaraan. Karena fungsinya sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan pada mesin, jika tak rutin diganti maka mesin akan mengalami overheating karena panas yang berlebihan.
    Kemudian, oli yang berfungsi sebagai pendingin mesin akan mengalami penurunan jika volumenya sudah berkurang. Sehingga jika terus dibiarkan, lama-lama komponen yang ada pada mesin akan mengalami kerusakan.

    Usia mesin menjadi lebih pendek

    Hal lain yang lebih gawat jika kamu lupa mengganti oli mesin akan berefek pada usia mesin yang lebih pendek. Dengan berbagai fungsinya, oli ternyata punya andil besar dalam usia dan keawetan mesin. Sehingga, menggantinya dengan rutin merupakan suatu kewajiban agar mesin kendaraan bisa bertahan dengan lama.

    Motor mogok

    Motor mogok secara tiba-tiba saat sedang digunakan tentunya jadi mimpi buruk setiap pengendara, bukan? Nah hal ini bisa saja terjadi jika kamu mengabaikan kondisi oli motor yang sudah seharusnya diganti. Motor yang mogok dan mati tiba-tiba tentu akan sangat merepotkan untuk kamu sehingga harus membawanya ke bengkel. Kamu juga bisa saja merogoh kocek yang tidak murah lho!

    Turun mesin

    Resiko yang paling berbahaya jika kamu lalai mengganti oli mesin motor adalah konsekuensi turun mesin. Ini disebabkan karena mesin yang sudah rusak akibat oli tak diganti telah menjalar ke komponen lainnya. Jika hal ini terjadi, mau tidak mau kamu harus melakukan proses turun mesin. Proses turun mesin sendiri membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama dalam pengerjaannya.

    Nah, tidak mau kan kalau kamu harus merogoh kocek dalam karena komponen mesin motormu mengalami berbagai kerusakan karena lupa mengganti oli? Untuk itu, jangan lupa ya untuk rutin mengecek kondisi oli motormu akan performa mesin motor tetap terjaga.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here