Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jurus Kemenhub Selamatkan Sektor Logistik

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pandemi covid-19 membuat hampir seluruh sektor bisnis terdampak, salah satunya logistik. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan kajian terkait strategi pemulihan di sektor logistik. Menurutnya, ada dua jurus yang telah disiapkan.

Umiyatun Hayati selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub menjelaskan bahwa selama ini logistik menjadi tulang punggung dari distribusi barang selama pandemi covid-19.

“Di masa pandemi ini, para pelaku industri logistik harus dapat melakukan penyesuaian dan merumuskan bentuk strategi baru di era transisi menuju adaptasi baru,” ujar Umiyatun Hayati dalam sebuah webinar bertema Strategi Pemulihan Angkutan Logistik di masa Pandemi Covid-19 pada Jumat, 2 Oktober 2020 lalu.

Kebijakan dan dukungan penuh dari seluruh stakeholder juga bisa mendorong sektor usaha jasa angkutan barang atau logistik tetap bisa bertahan dan bangkit kembali secara bertahap. Artinya, proses pendistribusian pasokan kemanusiaan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Selain itu, Umiyatun juga menjelaskan bahwa pemulihan kesehatan ekonomi ini harus dilakukan dalam satu kemudi. Di mana, instrumennya adalah menekan kurva Covid-19 dengan protokol kesehatan. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, ada dua kebijakan yang dinilai dapat dilakukan.

Pertama, kebijakan jangka pendek yang dapat dilakukan antara lain merencanakan rantai pasok komoditi kesehatan, menentukan lokasi simpul (stasiun) utama sebagai hub/terminal, penyediaan fasilitas pendukung distribusi komoditi kesehatan, dukungan regulasi, koordinasi lintas operator angkutan barang, penyiapan SDM perkeretaapian, dan pemanfaatan IT untuk mendukung proses tracking dan tracing system.

Strategi kedua adalah kebijakan jangka panjang yaitu dengan merencanakan model bisnis logistik kemanusiaan, perluasan jaringan simpul/hub/terminal, formulasi skema pengusahaan logistik kemanusiaan. Kemudian Umiyatun juga menyebutkan soal model kemitraan bisnis angkutan barang terpadu, peningkatan kompetensi SDM perkeretaapian dan pengembangan informasi teknologi untuk mendukung jasa layanan logistik kemanusiaan berbasis internet.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel