Sunday, June 26, 2022
25.1 C
Jakarta
More

    Ketahui Cara Kembangkan Manfaat WhatsApp Business untuk Bisnis Kamu

    Siapa yang tidak mengenal WhatsApp? Aplikasi perpesanan ini menjadi paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena kemudahan fitur yang dimiliki. Tidak hanya mengirim pesan, Whatsapp juga memiliki versi bisnis atau WhatsApp Business yang biasa digunakan oleh pebisnis dalam memasarkan produk dari brand mereka.

    WhatsApp Business pertama kali muncul pada tahun 2018 dengan tujuan agar para pemilik bisnis dapat menyampaikan informasi pada tiap konsumennya. Berdasarkan informasi dari CNBC Indonesia, WhatsApp Business sudah memiliki 50 juta pengguna saat awal peluncurannya.

    Lalu, apa saja manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh WhatsApp Business? Berikut artikel yang telah dirangkum oleh Sahabat SiCepat:

    Fitur WhatsApp Business

    Profil Bisnis

    Kamu bisa menampilkan informasi mengenai toko, deskripsi, jam operasional, alamat toko yang terintegrasi dengan maps, email, website, media sosial, serta produk brand yang kamu tawarkan. Selain itu, tambahkan juga foto profil toko agar terlihat lebih professional dan pelanggan dapat percaya dengan informasi yang kamu tampilkan.

    Baca juga: Maksimalkan Kelola Akun Instagram untuk Cuan Bisnis

    Quick Replies

    Fitur quick replies ini sangat membantu para pebisnis terutama dalam menghadapi pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan. Kamu bisa tentukan template jawaban pertanyaan agar dapat menghemat waktu membalas pertanyaan pelanggan.

    Labels

    Bisnis kamu sudah besar dan memiliki banyak pelanggan? Kemudahan lain yang ditawarkan WhatsApp Business adalah kamu bisa memberi label pada setiap pelanggan sesuai dengan kategori yang kamu inginkan. Label yang kamu berikan antara lain bisa seperti, “sudah bayar”, “belum bayar”, “pre-orer”, dan lainnya.

    Katalog

    Selain memberikan pesan informasi, kamu juga bisa menggunakan fitur katalog untuk memberikan foto-foto produk hingga jumlah 500 foto. Fitur katalog ini tentu akan memudahkanmu dalam memasarkan produk dan pelanggan pun juga dapat melihat seluruh barang yang kamu jual.

    Pesan Otomatis

    Hampir sama dengan quick replies, fitur ini akan memudahkan kamu untuk membalas pesan pelanggan dengan cara otomatis. Fitur ini akan membalas pertanyaan pelanggan yang menghubungi di luar jam operasional dengan mendapatkan jawaban melalui balasan chat otomatis yang sudah kamu buat sebelumnya.  

    Baca juga: Yuk, Kenali Investor Sumber Modal Bisnismu!

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here