Tuesday, January 18, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Yuk, Kenali Investor Sumber Modal Bisnismu!

Must Read

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Halo, Sahabat SiCepat! Artikel berikut akan membahas mengenai jenis investor yang akan kamu temui dalam dunia bisnis. Investor sendiri merupakan pihak yang memberi sumber daya untuk sebuah proyek atau bisnis dengan harapan dapat memberikan keuntungan di masa depan.

Biasanya, investor sudah mengetahui seluk bisnis suatu bisnis sesuai dengan yang bidang yang dikuasai seperti saham, emas, reksadana, FnB, dan lainnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu mengetahui jenis-jenis investor agar dapat menguntungkan bisnismu.

Jenis Investor Start Up

Yuk, kenali beberapa investor startup yang mungkin akan kamu ketahui:

Angel Investor

Jika kamu pernah menonton drama korea, Start Up, maka tidak asing lagi dengan sebutan “Angel Investor”. Yup! ia adalah seseorang dengan kekayaan melimpah dan secara sukarela memberikan pendanaan untuk bisnis kita. Biasanya, Angel Investor ini berasal dari kerabat dekat kita seperti sahabat maupun keluarga.

Inkubator

Investor inkubator bisnis merupakan sebuah perusahaan atau lembaga dari segala bentuk bisnis yang akan memberi pendanaan serta ikut membantu mengarahkan bisnis kamu. Kisaran dana yang diberikan oleh inkubator juga bisa mencapai ratusan juta, lho.

Venture Capital

Berbeda dengan inkubator, venture capital merupakan seseorang yang hanya memberi mdoal finansial tanpa arahan bisnis. Namun demikian, jenis investor satu ini memainkan peran yang lebih aktif karena mereka akan mendapatkan sejumlah ekuitas sebagai imbalan pendanaan.

Baca juga: Sering Disepelekan, Ternyata Branding dan Promosi Itu Penting, Loh!

Selain mengenal ketiga investor di atas, Sahabat SiCepat juga telah merangkum jenis investor berdasarkan metode pemilihan saham sebagai berikut:

Investasi Nilai atau Value Investing

Jenis investor ini akan mencari sekuritas yang memiliki nilai intrisik tinggi dibandingkan dengan nilai kapitalisasinya atau sederhananya, Value Investing akan lebih tertarik mengenai nilai atau value bisnis.

Investasi Pendapatan atau Income Investing

Income investing akan memilih perusahaan dengan tingkat loyalitas yang tinggi saat pembagian dividen sehingga mereka akan merasa aman dalam mendapatkan penghasilan secara rutin. Penghasilan yang didapat itu lah akhirnya menjadikan nama investor ini sebagai investor pendapatan.

Investasi Pertumbuhan atau Growth Investing

Jika kamu bertemu dengan jenis investor ini, maka kamu akan mengetahui jika mereka hanya akan fokus pada pertumbuhan perusahaan serta peduli dengan fokus inti perusahaan.

Nah, itu dia beberapa jenis investor yang perlu kamu kenali dalam mencari pendanaan untuk pengembangan bisnis selanjutnya. Peluang proses pendanaan juga akan lebih besar tercapai apabila antara founder dan investor telah menemukan kecocokan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk perhatian bidang bisnis kamu serta pahami karakter investor yang kamu temui agar mudah mudah mendapatkan dana maksimal dari mereka ya!

Baca juga: Kelola Arus Uang dalam Bisnis Agar Tidak Boncos

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Travel Hemat pakai Poin GRES

Halo, Sahabat Sicepat! Kamu seorang traveler dan suka mencari harga hemat untuk transportasi saat travel nanti? Sekarang kamu bisa...

Tempat Makan Hits di Kemang, Aesthetic a la Jaksel

Siapa yang tidak tahu Kemang? Salah satu wilayah di Jakarta Selatan ini sudah menjadi tolak ukur anak muda untuk...

Tanaman Hoki untuk Rumah Menurut Feng Shui

Pandemi Covid-19 semakin meningkatkan tren tanaman hias semakin meningkat. Aktivitas ini tentunya dilakukan masyarakat untuk dapat tetap beraktivitas meskipun...

Populer Artikel