Saturday, December 10, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Knalpot Motor Matic Menembak? Ini Dia Penyebabnya

    Knalpot merupakan salah satu elemen pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk membuang gas emisi hasil pembakaran mesin. Selain itu, knalpot juga bertugas untuk meredam suara bising yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Namun, pernahkah kamu mendengar suara menembak yang asalnya dari knalpot motor saat melepas gas?

    Nah, kira-kira apa yang menyebabkan knalpot mengeluarkan suara menembak tersebut?

    Penyebab pertama

    Penyebab pertama dari munculnya suara meletup atau menembak pada knalpot biasanya disebabkan oleh kerusakan pada penyuplai udara yang bersih dalam suatu pembakaran.

    Contohnya seperti saat air srew di karburator yang sudah habis (aus) atau bisa juga dengan setelah karburator yang kurang baik. Hal ini bisa menyebabkan knalpot motor mengeluarkan bunyi letupan atau tembakan yang cukup keras.

    Penyebab kedua

    Selain kerusakan pada penyuplai udara, penyebab lainnya bisa dipicu karena busi yang sudah tidak dalam kondisi baik. Apabila sudah tak layak pakai, busi yang sudah jelek bisa mengganggu kinerja mesin motor dan menimbulkan bunyi tersebut.

    Cara mengatasi knalpot yang menembak

    Karena bisa saja mengganggu perjalanan saat mengendarai motor, ada baiknya untuk segera mengecek kondisi motormu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

    1. mengecek setelan karburator sesuai dengan kebutuhan mesin motor
    2. memeriksa selang pada vakum bakan bakar yang menuju pada bagian tangki, periksa kembali dan pastikan selang tidak bocor
    3. memeriksa filter udara pada motor, karena bisa jadi ada yang menghambat pada bagian filter yang menyebabkan penghambatan pada aliran udara. Sedangkan aliran udara tersebut mempengaruhi pada komponen yang lain seperti karburator, sehingga bersatunya udara dan bahan bakar. Gantilah filter udara pada jarak kendaraan di 15.000 km karena pada motor matic menggunakan elemen basah sehingga perlu sekali pergantian menggunakan yang baru agar kendaraan menjadi nyaman.
    4. cek keadaan busi, bila busi sudah tidak layak pakai segeralah mengganti dengan yang baru sehingga perapian pada kendaraan berfungsi dengan baik
    5. periksa bagian AIS (air conduction system) dan pastikan bagian tersebut tertutup rapat. Fungsi AIS sendiri adalah menginjeksi udara bersih ke udara yang menyebabkan pembuangannya menjadi ramah lingkungan.
    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here