Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    Lakukan 5 Hal Ini Ketika Ban Sepeda Motor Bocor Ditengah Jalan

    Ban menjadi salah satu elemen penting kendaraan yang sangat menunjang fungsi kendaraan berjalan dengan baik atau tidak. Jika ban bocor, tentu kendaraan akan terganggu fungsinya. Nah, siapa diantara kamu yang panik jika ban motor tiba-tiba kempes atau bocor di tengah jalan?
    Eits, jangan keburu panik dulu. Ini dia 5 tips yang bisa kamu lakukan ketika tertimpa musibah ban bocor di tengah jalan ya!

    Kurangi kecepatan motor

    Ketika kamu merasa kemudi motor goyang dan laju motor mulai tersendat, berarti ada yang salah nih dengan motormu. Bisa jadi ban motor tertusuk sesuatu yang tajam hingga membuatnya kempes bahkan bocor. Segeralah kurangi kecepatan motor dan nyalakan lampu sein untuk menepi ya!

    Menjauhlah dari arus lalu lintas

    Setelah menepi, menjauhlah dari arus lalu lintas yang padat ya! Carilah area yang lebih longgar untuk bisa memeriksa kondisi ban motormu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih leluasa saat memeriksa masalah pada ban dan tidak mengganggu pengguna jalan yang lain sekaligus tak membahayakan diri sendiri.

    Cari tahu penyebab ban bocor

    Setelah itu, periksalah kondisi ban motormu dalam posisi tegak atau menggunakan standar ganda. Cari tahu apa yang membuat ban bocor seperti misalnya paku yang menancap, atau pecahan kaca.

    Buka mur penahan pentil

    Saat ban mengalami kebocoran, yang kamu perlu lakukan adalah membuka mur penahan pentil. Hal ini sedikit merepotkan, namun ini perlu dilakukan jika kamu harus mendorong motor dengan jarak yang jauh. Membuka mur pentil ini berfungsi agar ban dalam tidak koyak.

    Tuntun dengan pelan dan jangan malu bertanya!

    Jika ban motor bocor, segera tuntun dengan pelan menuju bengkel terdekat. Jangan paksakan diri untuk menaiki sepeda motor agar ban motor tak semakin rusak atau sobek di dalam. Jika musibah ban bocor tersebut terjadi di tempat yang asing, maka jangan malu bertanya kepada warga sekitar untuk meminta bantuan dan mengarahkan ke bengkel terdekat ya!

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here