Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Layanan Video Streaming Makin Diminati, Ini Dia Aplikasi Favorit Para Pecinta Film

    Saat ini masyarakat semakin akrab dengan aplikasi platform video on demand (VoD) untuk menonton film, serial, dan konten-konten lainnya. Hal ini tentu tidak terlepas dari ketentuan pembatasan mobilitas pada saat masa pandemi Covid-19 yang mempengaruhi pilihan konten hiburan masyarakat Indonesia saat di rumah aja. 

    Sehingga hal ini membuat masyarakat pun banyak memenuhi kebutuhan akan hiburan dengan menggunakan aplikasi VOD. Terlihat dari salah satu studi yang dilakukan oleh Populix bertajuk ‘Indonesian Video Entertainment on Demand Consumption’.

    Survei ini dilakukan pada Mei 2022 terhadap 1.000 responden dengan melihat gaya konsumsi dan preferensi masyarakat Indonesia terhadap layanan aplikasi ponsel termasuk platform VoD.

    Co-Founder dan CTO Populix, Jonathan Benhi mengatakan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia saat ini mempunyai aplikasi mobile yang mendukung kebutuhan sehari-hari dan hiburan mereka. 

    Rata-rata responden memiliki lebih dari satu aplikasi berlangganan guna menunjang mobilitas mereka sehari-hari. Khususnya responden yang berdomisili di Jabodetabek. Salah satu aplikasi mobile yang mengalami pertumbuhan di kalangan masyarakat Indonesia adalan platform video on demand (VoD).

    Berdasarkan survei yang dilakukan, menemukan sebanyak 18% responden yang menyatakan bahwa mereka mempunyai platform VoD pada ponsel mereka. Dan hampir 4 dari 10 responden mengakses platform tersebut setiap harinya.

    Ia menambahkan jika survei juga menunjukkan bahwa platform VoD menjadi media hiburan pilihan masyarakat Indonesia. Sejumlah 89% responden mengatakan bahwa mereka menggunakan platform VoD lebih dari satu kali dalam seminggu. Selain itu 38% di antaranya mengakses platform VoD setiap harinya.

    Selanjutnya dikutip dari Hypebeast, alasan para responden berlangganan pada platform VoD yaitu layanan dapat ditonton setiap hari (84%), banyaknya pilihan film (77%), mencari hiburan (74%), platform mudah digunakan (63%), menawarkan pilihan film terkini (68%), dan tidak ingin terganggu dengan iklan (57%).

    Baca juga: 4 Judul Serial Terbaru yang Tayang di Netflix pada Bulan Juni 2022

    Photo by Marques Kaspbrak from Unsplash

    Sementara itu, ternyata setiap platform VoD mempunyai keunggulan dan layanan yang berbeda. Dari beberapa platform VoD yang populer di Indonesia, ada 5 aplikasi yang paling banyak digunakan oleh responden. Di antaranya pada urutan pertama yaitu Netflix (69%), Disney+ (62%), Youtube (52%), VIU (36%), dan Vidio (25%).

    Untuk pilihan konten yang ditonton, sebanyak 73% responden memilih film Korea sebagai konten yang paling banyak dicari. Angka tersebut didominasi oleh responden perempuan sebanyak 88%, dan responden laki-laki sebanyak 55%. 

    Lalu sejumlah 69% responden memilih film Amerika serta film Indonesia sebanyak 67% sebagai konten lainnya yang banyak dicari. Kedua jenis konten ini didominasi oleh responden laki-laki dan perempuan. 

    Ke depannya, platform VoD diprediksi akan tetap menjadi primadona karena menjadi akses sebagai konten hiburan. Salah satunya sebanyak 54% responden menjawab akan tetap menggunakannya di masa depan serta 43% responden juga akan lebih sering untuk menonton.

    Baca juga: 4 Aplikasi Streaming Drama Korea yang Legal dan Bebas Iklan

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here