Monday, December 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Makna Logo 75 Tahun Republik Indonesia

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Agustus merupakan bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Sebab, di bulan inilah kita, Bangsa Indonesia resmi terbebas dari segala bentuk kekejaman akibat penjajahan yang dilakukan bangsa asing. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus, Indonesia resmi menyatakan Kemerdekaannya dengan proklamasi yang dibacakan oleh dua proklamator kita, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.

Di tahun 2020 ini, Indonesia resmi menginjakan usia ke 75 tahun kemerdekannya. Sebagai bentuk perayaan, setiap tahunnya bangsa Indonesia merayakan tanggal 17 Agustus ini sebagai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan dari mulai upacara bendera, hingga berbagai lomba sebagai salah satu bentuk usaha untuk tetap menjaga persatuan bangsa.

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75 tahun ini, Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah meluncurkan logo peringatan bergambar angka 75 dengan bentuk yang mirip dengan perisai. Logo ini terinspirasi dari simbol perisai yang ada dalam Garuda Pancasila.

Selain logo yang menyerupai bentuk perisai dengan angka 75 ini, logo terbaru HUT RI ini mengangkat tema besar yakni “Indonesia Maju” untuk membawa semangat kepada seluruh masyarakat Indonesia dalam merayakan pertambahan usia Tanah Air Indonesia.

Kementerian Sekretariat Negara dalam surat edaran nomor B-456/M.Sesneg/SeVTU.00.04/06/2020 menerangkan bahwa penggunaan logo dan tema ini telah disempurnakan dengan adanya logo Bangga Buatan Indonesia. Logo ini digunakan sebagai satu kesatuan dengan logo peringatan HUT RI ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020.

Dalam lampiran surat edaran tersebut, Kemensesneg juga menjelaskan mengenai makna yang terkandung dalam logo angka 75 berbentuk perisai tersebut. Logo ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia. Selain itu, logo ini juga sebagai wujud nyata progres Indonesia dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil terbaik pada seluruh rakyat Indonesia.

Jika dirinci, elemen garis penyusun angka 75 ini mempunyai arti filosofi masing-masing. Bagian atas angka 7 adalah integrasi dari pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk rakyat Indonesia yang melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua individu.

Sedangkan di bagian badan angka 7, berarti progres kerja dinamis dan kepentingan progres infrastruktur. Meski tak bergaris lurus, namun program kerja yang dinamis akan mencapai hasil akhir yang optimal.
Di badan angka 5 yang menyerupai lingkaran, logo ini merepresentasikan regenerasi, kerja yang konsisten dan progres yang nyata dalam bekerja.

Lingkaran ini melambangkan progres yang terus-menerus dan dilakukan secara nyata. Ketika disatukan dengan elemen perisai, logo ini melambang kan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Tema “Indonesia Maju” sebagai tema besar yang diangkat untuk merayakan HUT RI di tahun 2020 ini juga merupakan sebuah simbolisasi dan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema ini menjadi simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan Indonesia.

Dengan begitu, harapannya meski bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada situasi krisis akibat pandemi virus covid-19 ini, seluruh rakyat tetap bisa aktif berpartisipasi dalam berkarya dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Sehingga, di usia Indonesia yang telah memasuki 75 tahun ini, bangsa Indonesia sudah benar-benar bisa merdeka dan bisa berdiri di kaki sendiri serta berkolaborasi untuk berkarya demi kemajuan bangsa.

Selamat Ulang Tahun Indonesia, Selamat Ulang Tahun Rakyat Indonesia.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Resep Gingerbread Cookies, Cemilan Khas Natal

Menjelang perayaan natal pastinya akan ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mulai dari dekorasi rumah, pilihan baju natal, hinggga...

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Populer Artikel