Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengatasi Kram Otot Setelah Vaksinasi COVID-19

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kram pada lengan tepat pada lokasi penyuntikan vaksin merupakan efek samping umum yang dapat dirasakan setelah vaksinasi. Begitu pula vaksinasi COVID-19, sebagian besar dari masyarakat yang sudah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19, merasakan kram otot pada lengan yang menjadi lokasi di mana suntikan vaksin diberikan. 

Rasa sakit atau kram otot muncul tidak lama setelah vaksinasi. Reaksi ini dapat dirasakan dalam waktu beberapa jam atau keesokan harinya setelah menerima vaksin COVID-19. Mengatasi hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir karena kram yang timbul tidak akan bertahan lama, maksimal 48 jam. Bila melebihi dari waktu tersebut, sebaiknya kamu menghubungi pihak medis terkait. 

Kamu dapat mengatasi kram otot pasca vaksinasi COVID-19 dengan hidrasi. Jika kram otot setelah mendapatkan vaksin sangat mengganggu aktivitas kamu, maka peregangan dan hidrasi tubuh adalah solusinya. 

Photo by Daria Shevtsova (Pexels.com)

Melansir liputan6.com yang mengutip Direktur Medis Regional One Medical, Natasha Bhuyan, MD, tubuh yang mengalami dehidrasi akan sulit membuang racun dan mengatur suhu tubuh, inilah yang menyebabkan rasa sakit. Maka, kamu perlu membiarkan tubuh beristirahat dan apabila perlu, mandi dengan garam epson untuk membantu mengendurkan otot yang kram. Kamu bisa berendam di bathtub dengan garam epson yang dapat membantu pemulihan tubuh agar lebih baik. 

Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen atau acetaminophen setelah menerima vaksin COVID-19 juga dapat meredakan kram otot dan tidak akan berdampak negatif pada efektivitas vaksin. 

Bagi kamu yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19, sebaiknya jangan unggah sertifikat vaksin ke media sosial karena sertifikat tersebut memiliki data pribadi yang wajib kamu lindungi. Sebagai masyarakat Indonesia kita harus bersikap bijaksana dalam menanggapi kasus COVID-19 ini. Jangan menyebarkan informasi COVID-19 dari sumber yang tidak jelas agar tidak memperburuk keadaan. Tetap waspada, jangan panik, dan saling bantu.

Selain melindungi diri sendiri dan keluarga, kamu juga dapat berpartisipasi melalui Gerakan #Indonesiapastibisa untuk membantu mereka yang kesulitan karena terdampak COVID-19, nakes, dan pasien COVID-19. Kunjungi laman www.indonesiapastibisa.org untuk informasi seputar COVID-19, vaksinasi, obat-obatan, dan vitamin, serta informasi penting lainnya.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel