Thursday, August 18, 2022
26.8 C
Jakarta
More

    Mengenal Rangkaian Perayaan Hari Raya Paskah, Mulai dari Rabu Abu hingga Sabtu Suci

    Umat Kristiani di Indonesia saat ini merayakan Jumat Agung pada Jumat 15 April 2022. Jumat Agung merupakan bagian dari Tri Hari Suci Paskah setelah Kamis Putih dan diikuti dengan Paskah.

    Di balik perayaan Paskah, ternyata ada juga rangkaian ibadat yang mungkin jarang dikenal masyarakat luas. Seperti apa rangkaian perayaan dan tradisi yang identik dengan Hari Raya Paskah? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

    Rabu Abu

    Photo by Ivan Samkov from Pexels

    Rabu Abu merupakan perayaan untuk mengawali masa Pra Paskah. Perayaan ini merupakan awal pembaharuan, intropeksi, serta pertobatan diri dengan berpuasa dan berpantang. Dalam kegiatan Rabu Abu, umat akan menerima percikan Abu bertanda salib di dahinya. Abu di dahi ini menjadi tanda perkabungan, pertobatan, dan merendahkan diri menuju kemenangan kebangkitan Kristus.

    Kamis Putih

    Photo by Anna Shvets from Pexels

    Kamis Putih adalah hari yang mengawali pekan suci paskah. Ini adalah momen bagi umat Kristiani untuk mengingat kembali perjamuan malam terakhir yang dilakukan Yesus dengan para murid-muridnya. Kamis putih sendiri memiliki beberapa tuguran yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan harus mengikuti aturan.

    Baca juga: Rekomendasi Wisata Religi di Eropa

    Jumat Agung

    Photo by Mikhail Nilov from Pexels

    Jumat Agung adalah hari peringatan penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus di kayu salib. Dikisahkan bahwa Jumat Agung, Yesus berdoa dan menyerahkan segala keputusan hidupnya ke dalam tangan Allah.

    Wafatnya Yesus ini dipercayai sebagai bentuk penebusan dosa umat manusia agar bisa memperoleh kehidupan yang kekal. Sehingga ada peringatan Jumat Agung, umat melakukan ritual mencium luka kaki di salib.

    Sabtu Suci

    Photo by Gpointstudio from Freepik

    Sabtu Suci merupakan hari terakhir dalam pekan Suci yang dirayakan oleh umat Kristiani sebagai persiapan perayaan Paskah. Sabtu Suci memperingati hari pada saat tubuh Yesus Kristus dibaringkan di kubur setelah pada wafat di kayu salib pada Jumat Agung.

    Sabtu Suci juga kerap disebut sebagai Malam Paskah. Pada hari ini, umat Kristiani memindahkan kesedihan yang telah terjadi di Jumat Agung dan mempersiapkan kebahagiaan akan kebangkitan Yesus di Minggu Paskah.

    Minggu Paskah

    Photo by Wirestock from Freepik

    Minggu Paskah merupakan rangkaian terakhir dalam pekan suci Paskah. Misa pada Minggu Paskah umumnya berjalan seperti misa Ekaristi mingguan, hanya saja makna dari misa tersebut memiliki perbedaann. Minggu Paskah merayakan kebangkitan Yesus yang bermakna pengampunan dan pemulihan dosa manusia agar manusia mendapat pengampunan.

    Baca juga: Jalin Kasih Agape dengan Ibadah Mingguan SiCepat

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here