Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menghilangkan Bekas Luka Dengan Cara yang Alami

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Setiap kulit yang terluka akan meninggalkan bekas luka. Meskipun luka sudah sembuh, beberapa bekas luka akan tetap terlihat. Bahkan bekas luka tersebut mungkin bisa mengurangi rasa percaya dirimu. Berikut ada beberapa cara alami yang dapat menghilangkan bekas luka pada kulitmu.

Lemon

Photo by Lisa Fotios (Pexels.com)

Buah lemon akan mengurangi kenampakan bekas luka pada kulit. Penggunaan lemon pada bekas luka mungkin akan terasa seperti digigit atau perih. Buat kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya mencari opsi lain untuk menghilangkan bekas luka. Menurut Stylecraze, lemon kaya akan komponen bioaktif yang berfungsi sebagai antioksidan. Siapkan perasan lemon dan kapas. Celupkan kapas dan tepuk perlahan pada area bekas luka yang sudah kamu bersihkan sebelumnya. Kemudian, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas.

Madu

Photo by Pixabay.com

Komponen bioaktif dari madu dapat merangsang regenerasi jaringan kulit dan bisa mengobati luka. Untuk mengatasi bekas luka dengan madu, kamu perlu mencampurkannya dengan baking soda. Baking soda akan mengeksfoliasi, serta mencerahkan area kulit. Kamu hanya perlu mencampur 1 sdt madu dan 1 sdt baking soda. Ketika sudah tercampur menjadi pasta, balurkan pada area bekas luka, kemudian pijat perlahan. Terakhir, tempelkan handuk panas sampai dengan temperaturnya menurun, dan gunakan handuk tersebut untuk mengelap.  

Lidah buaya

Photo by Van L. (Pexels.com)

Kandungan anti-inflamasi pada lidah buaya akan mengatasi bekas luka pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi iritasi, serta mendorong regenerasi sel kulit baru. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran atau membuatnya dengan tumbuhan lidah buaya. Jika kamu ingin membuatnya sendiri, kamu perlu mengupas lidah buaya dan ambil bagian gel-nya yang berwarna bening. Kemudian, gosok pada area bekas luka dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

Cuka apel

Close-Up Of Apple Cider Vinegar In Bottle Against White Background

Menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bekas luka, kamu perlu melarutkannya terlebih dahulu untuk meminimalisir iritasi. Caranya, campurkan 2 sdm cuka apel dengan 4 sdm air. Kemudian, celupkan kapas pada campuran dan tepuk-tepuk bekas luka. Sebaiknya lakukan cara ini pada malam hari, lalu bilas di keesokan harinya.

Minyak kelapa

Photo by Dana Tentis (Pexels.com)

Selain dapat meredakan ‘sunburn’ setelah berjemur atau berlibur ke pantai, minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi bekas luka. Caranya, hangatkan minyak kelapa terlebih dahulu, kemudian gosok di kedua telapak tangan, lalu pijatkan pada bekas luka.

Baca juga 7 Langkah Mencuci Wajah Agar Kulit Tetap Mulus

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel