Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Meningkatkan Kualitas Diri Selama Liburan Saat New Normal

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Setelah sekian lama bekerja, tentu kita akan merasakan penat dan membutuhkan liburan. Liburan merupakan kegiatan yang menyenangkan hati, serta menenangkan pikiran. Namun, di tengah kondisi new normal, liburan menjadi sedikit berbeda karena peraturan dan protokol-protokol kesehatan yang perlu diterapkan. Beberapa tempat wisata tertentu pun menutup akses para wisatawan dan membatasi tempat-tempat yang diperbolehkan untuk dikunjungi.

Hal ini membuat beberapa tren wisata baru bermunculan yang disesuaikan dengan kondisi new normal, seperti berlibur dengan lokasi yang dekat dari rumah atau staycation dan wisata outdoor. Meskipun dekat dari rumah, staycation dapat membuat kamu santai sejenak dari penatnya aktivitas pekerjaanmu. Dengan bersantai, Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk meningkatkan kualitas diri di tahun yang baru ini, meskipun pandemi belum mereda. Berikut tips liburan sambil meningkatkan kualitas dirimu yang wajib diketahui di tengah kondisi new normal.

Berliburlah ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi

Photo by Rafli (Pexels.com)

Bebaskan pikiran dari beban pekerjaan dan pergilah ke suatu tempat yang baru. Tujuannya agar momen liburan bisa memberikan wawasan yang baru untuk dirimu. Kamu bisa mengunjungi museum, wisata alam, atau pertunjukan seni dan budaya. Di sana, Kamu akan mendapatkan hal baru sambil menikmati keindahan serta cerita yang disuguhkan oleh tempat tersebut.

Mengajak orang terdekat untuk liburan bersama

Photo by Trung Nguyeng (Pexels.com)

Buatlah momen liburanmu jadi lebih berkesan dengan mengajak orang yang Kamu sayangi. Baik bersama keluarga, pasangan, atau sahabat, quality time akan lebih menyenangkan dan bermakna. Berlibur bersama orang terdekat juga bisa menjadi momen kumpul bersama yang hampir tidak bisa dilakukan karena kesibukan masing-masing. Manfaatkan liburan bersama orang terdekatmu sebagai waktu untuk bertukar pikiran dan merencanakan masa depan agar Kamu memiliki kualitas hidup yang baru.

Hindari penggunaan gadget yang berlebihan

Photo by Samson Katt (Pexels.com)

Tidak apa-apa jika Kamu membawa gadget untuk mengabadikan momen liburan dan berbagi di media social. Namun, gadget juga dapat menjadi pemicumu tidak menikmati masa liburan dengan baik. Fokus yang berlebihan pada layar gawai dapat membuat Kamu melewatkan keindahan destinasi wisata alam yang dikunjungi. Hal tersebut juga dapat mengurangi quality time, baik Kamu sedang berlibur sendiri atau ditemani orang terdekat. Gunakan smartphone, tablet, atau laptop yang Kamu bawa di waktu tertentu saja dan fokuslah kepada diri sendiri, serta masa liburan yang sudah Kamu nanti-nantikan.

Melakukan kegiatan sosial

Photo by Alex Mecl (Pexels.com)

Setelah sekian lama bekerja, Kamu dapat menyisihkan penghasilan untuk liburan yang bermakna dengan beramal. Lakukanlah kegiatan sosial, seperti menyumbang ke panti asuhan, posko bencana, atau tempat penitipan hewan terlantar. Terlebih lagi, di kondisi new normal ini, beberapa masyarakat masih kesulitan untuk mendapatkan masker dan alat kesehatan yang layak, mungkin Kamu bisa menyumbangkan beberapa kebutuhan tersebut kepada mereka yang membutuhkan. Mengisi liburan dengan kegiatan kemanusiaan dapat meningkatkan kualitas diri Kamu sebagai pribadi yang lebih peduli kepada sesama.

Baca juga 4 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi

Jika Kamu sedang merencanakan liburan di tengah kondisi new normal ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kesehatan, serta keselamatanmu selama berlibur untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

  • Pastikan diri dalam kondisi sehat

Tentunya, Kamu perlu memperhatikan kondisi tubuh dan pastikan dalam keadaan sehat. Jangan memaksakan diri untuk berpergian, padahal tubuh Kamu sedang drop. Selain itu, kini syarat untuk pergi keluar kota mengharuskan Kamu menyertakan surat PCR dan Rapid Test Antigen yang menyatakan bahwa dirimu sehat dan terindikasi virus COVID-19.

  • Melakukan riset sebelum pergi

Kamu perlu mencari tahu protokol kesehatan yang diterapkan oleh kota tujuan. Pastikan mereka memiliki peraturan yang tegas dan menjamin keamanan, serta kesehatanmu selama berlibur di sana. Ketahuilah zona aman di setiap kota yang Kamu kunjungi. Pastikan Kamu menuju tempat wisata yang berada di zona hijau.

  • Menjaga gaya hidup selama berlibur dan menerapkan protokol kesehatan

Meskipun liburan memiliki tujuan bersenang-senang, Jangan sampai Kamu melupakan gaya hidup sehat selama liburan. Tetap menjaga imun dengan tidak berpergian sampai tubuh menjadi terlalu lelah, kurang tidur, dan mengonsumsi makanan sembarangan. Selalu terapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Gunakanlah masker, siapkan hand sanitizer, mencuci tangan setelah memegang sesuatu, menjaga jarak, dan langsung mandi ketika kembali ke penginapan.

  • Sebaiknya, berkunjung ke tempat wisata yang terbuka

Tempat terbuka, seperti pantai atau gunung memiliki kualitas udara dan cahaya matahari yang baik untuk diterima tubuh. Siklus udara yang lancar, serta alam terbuka yang luas juga meminimalisir penularan virus COVID-19, namun Kamu tetap harus menerapkan protokol kesehatan ya!

Baca juga Meski #DiRumahAja, Kamu Bisa Nikmati Panorama Aurora Borealis

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel