Saturday, January 28, 2023
23.9 C
Jakarta
More

    Menjelang Harbolnas 12.12, Berikut Ini Strategi Promosi untuk Memaksimalkan Penjualanmu!

    Menjelang akhir tahun, banyak momen-momen spesial yang menawarkan promosi menarik bagi konsumen, salah satunya adalah Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang diadakan setiap bulannya hingga puncaknya pada 12.12. 

    Momentum ini tentu menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen khususnya melalui platform online yang jumlahnya terus bertambah. Harbolnas adalah waktu yang ditunggu banyak orang untuk melakukan transaksi jual beli. 

    Hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi penjual untuk menarik lebih banyak pelanggan dan mendapatkan keuntungan lebih banyak. Untuk itu kamu perlu strategi penjualan yang tepat saat harbolnas berikut ini:

    Pastikan Stok Barang Cukup dan Lebih Banyak dari Biasanya

    Photo by Jcomp from Freepik.

    Saat Harbolnas tiba, tidak menutup kemungkinan jumlah pembeli yang berkunjung ke tokomu akan berkali-kali lipat lebih banyak dari biasanya. Tak heran jika potongan harga dan promo lainnya yang diberikan saat Harbolnas tentu akan lebih banyak menarik minat para calon konsumen.

    Kemungkinan jumlah pembeli yang akan membludak inilah yang membuatmu harus memastikan stok barang aman. Kamu juga bisa menyediakan stok barang lebih banyak dari biasanya. Karena jangan sampai saat Harbolnas, barang yang kamu jual cepat sold out.

    Jalankan Harbolnas di Beberapa Platform

    Harbolnas berlangsung pada semua platform penjualan, mulai dari marketplace, website toko online, bahkan pembelian langsung di toko fisik. Guna meningkatkan penjualan, kamu bisa mengadakan promo Harbolnas 12.12 di semua channel penjualan yang kamu miliki. Pasalnya, setiap orang mungkin saja hanya menggunakan satu platform belanja yang berbeda dengan lainnya.

    Kasih Diskon Namun Jangan Sampai Rugi

    Photo by Tamanna Rumee from Unsplash.

    Cara promosi yang menarik yang pertama tentu saja dengan diskon. Tawarkan diskon-diskon yang menarik agar calon konsumen tertarik. Diskon ini bisa berupa apa pun, misalnya diskon buy one get one free, gratis ongkir, diskon flash sale, atau harga coret. Namun, perlu kamu ingat bahwa memberi diskon harus benar-benar diperhitungkan. Jangan sampai kamu malah rugi.

    Baca juga: Moms! Intip Ide Jenis Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

    Tawarkan Cashback

    Photo by Rawpixel from Freepik.

    Cashback adalah pengembalian sejumlah uang kepada pembeli setelah mereka membeli suatu produk. Walau demikian, kamu sebagai merchant bisa menerapkan beberapa syarat atau ketentuan bagi pembeli. Sebagai contoh, konsumen baru akan mendapatkan cashback ketika mereka sudah melakukan pembelian dengan nominal tertentu.

    Bundling Produk 

    Photo by Freepik from Freepik.

    Berikutnya, kamu bisa menawarkan paket bundling produk sebagai salah satu cara promosi yang menarik terutama saat kamu punya produk baru. Dengan paket bundling, kamu bisa sekaligus mengenalkan produk baru kepada pelanggan. Bisa juga dengan memberikan produk yang masih jarang dikenal oleh konsumen, padahal produk itu cukup potensial.

    Baca juga: Tujuan Promosi bagi Pelaku Usaha, Pahami Strateginya Sebelum Memulai Bisnis

    Latest news

    Related news

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here