Sunday, June 26, 2022
25.1 C
Jakarta
More

    Suka Makan? Coba Pelajari Tips Bisnis F&B, Yuk!

    Seorang food lover pastinya akan selalu tertarik dengan dunia F&B untuk dapat mencoba ragam masakan dengan citarasa unik apalagi jika dijual dengan harga yang murah. Aktivitas ini pastinya akan terasa seru atau dapat dibilang sebagai bentuk self-reward dengan jajan.

    Namun, jika kamu sudah banyak menelusuri aneka masakan baik nusantara maupun internasional, ada baiknya jika mulai mempelajari membuka bisnis food and beverage (F&B) sendiri. Bisnis ini merupakan salah satu jenis usaha yang produknya akan selalu dicari masyarakat mengingat salah satu kebutuhan utama manusia adalah makan.

    Yuk, mulai pelajari rangkuman tips berikut agar kamu bisa menjadi foodpreneur di masa depan

    Target Pasar

    Photo by Jenna Day on Unsplash

    Hal pertama yang harus dilakukan saat memulai bisnis apapun adalah mengetahui target pasar atau pelanggan yang ingin kita sasari. Kamu bisa menentukan target pasar berdasarkan survei melalui tempat tinggal, jenis kelamin, gaya hidup, pendapatan, umur, dan lainnya. Mengetahui target pasar akan membantumu membuat produk yang sesuai dan mempermudah proses marketing.

    Inovasi

    Photo by Peter Dawn on Unsplash

    Berbicara soal makanan tidak selalu mengenai keahlian memasak saja, namun kreativitas untuk menghasilkan inovasi terbaru juga dibutuhkan karena pembeli akan lebih tertarik pada kriteria makanan unik. Sebagai contoh yang sering terjadi, masyarakat jauh lebih melihat daya tarik visual saat pertama kali mengunjungi restoran seperti komposisi bentuk dan warna. Kemudian, cita rasa baru menjadi penilaian saat mereka berkunjung kedua kali.

    Baca juga: Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

    Supplier

    Photo by Peter Wendt on Unsplash

    Untuk mendirikan sebuah restoran yang baik, maka juga dibutuhkan dengan kelengkapan bahan pangan yang dapat diperoleh melalui supplier. Berhubungan dengan supplier akan membantumu untuk mengetahui bahan apa yang sesuai dengan menu restoranmu serta mampu memberikan harga murah untuk setiap pemesanan dalam jumlah banyak.

    Pengetahuan dan Keahlian

    Tidak ada guru lebih baik daripada pengalaman. Hal itu juga digunakan saat kamu membangun bisnis F&B karena memadukan antara pengetahuan mengenai bahan makanan, gizi hingga keahlian dalam memasak hingga merawat peralatan dan perlengkapan restoran. Ada baiknya kamu menguasai hal ini sesuai dengan jenis restoran yang ingin kamu buka karena bisa menjadi investasi diri sekaligus akan terhindar dari penipuan yang sering menyasar pengusaha muda.

    5. Menguasai Akunting

    Laporan keuangan juga menjadi pondasi penting dalam menjalankan bisnis F&B. Apabila kamu tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, kerugian terbesarnya adalah tidak menyadari berapa total uang yang hilang. Pengaturan sistem uang yang baik dengan kolaborasi melalui fitur teknologi juga akan membantumu membuat laporan bulanan seperti Profit and Loss (P&L).

    Itu dia langkah awal yang bisa kamu siapkan sebelum memulai bisnis F&B. Jangan lupa untuk tetap konsisten saat menjalankan bisnis hingga akhirnya berkembang menjadi besar ya!

    Baca juga: Kenali Niche Market dan Manfaatnya untuk Bisnis

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here