Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Pentingnya ‘Goals’ untuk Memaksimalkan Peran Internal Audit dalam Perusahaan

    Peran internal audit dalam sebuah perusahaan tentu dibutuhkan dan sangat penting. Internal audit merupakan salah satu elemen monitoring dari struktur pengendalian yang bertujuan untuk membantu organisasi atau perusahaan. Yaitu dengan melalui jasa advisory & assurance yang objektif serta independen dengan suatu metode pendekatan yang sistematik.

    Dalam kegiatan ini, seorang internal audit akan melakukan analisa risiko terhadap seluruh proses bisnis di dalam organisasi atau perusahaan, yang dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Hal ini agar proses bisnis menjadi lebih efektif, efisien, serta memiliki kontrol yang cukup sehingga tercapainya tujuan dari organisasi atau perusahaan.

    Sebagai salah satu perusahaan ekspedisi dengan lokasi gerai yang berada di seluruh Indonesia, SiCepat Ekspres memiliki tim internal audit yang bertugas menilai Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan telah berjalan dengan efektif dan efisien serta memiliki kontrol yang cukup.

    Lucky Prasetya selaku Manager Internal audit menjelaskan bahwa dirinya memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan lingkup audit internal hingga melakukan evaluasi risiko dari setiap bisnis proses di perusahaan.

    Menurutnya, menjadi seorang manager khususnya dalam internal audit harus bisa menyesuaikan berbagai hal dalam perusahaan untuk bisa memberikan contoh yang baik (Agent of Change). Hal ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah karena di satu sisi harus bisa mengatur ego dan ekspektasi ke auditee.

    Dalam perjalanan meniti karirnya, pria lulusan Universitas Atmajaya Jakarta ini memiliki prinsip untuk menggunakan goals yang telah Ia pegang sejak dahulu. Bagi Lucky, dengan menerapkan tujuan atau goals ini tentu mempunyai dampak besar untuk mencapai segala sesuatu khususnya dalam pekerjaan.

    Baca juga: IT Leader Journey, Membawa SiCepat Terdepan Dalam Teknologi

    “Saya yakin, kita harus memiliki tujuan (goals) dalam hidup. Agar kita bisa mengetahui langkah yang akan kita ambil berikutnya. Sehingga, tujuan (goals) kita dapat tercapai. Diiringi juga dengan konsistensi, komitmen, serta prioritas dari setiap tujuan (goals) kita,” kata Lucky.

    Lucky menerapkan tujuan dalam hidup itu harus bisa berjalan secara terorganisir, komitmen, serta fokus terhadap target atau keinginan yang dituju baik dalam kehidupan sehari-hari atau pekerjaan. Baginya, prinsip tersebut menjadi salah satu hal penting untuk bisa terus konsisten baik sejak dulu maupun sekarang.

    Selain itu, Ia juga terinspirasi dengan sang Ibu yang memiliki sikap tegar dan kuat sebagai seorang single parents sejak Ia duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) yang bisa menghidupi kedua anaknya hingga saat ini. Perjuangan sang ibu pun menjadi bekal bagi Lucky untuk tidak selalu mengeluh atau menyerah dengan keadaan.

    Selanjutnya saat  memimpin dalam tim, Lucky selalu bersikap untuk tetap fokus dan terorganisir sehingga kerja sama dapat berjalan dengan maksimal. Selain itu juga seringkali melakukan diskusi untuk saling bertukar pikiran dan informasi.

    Di sisi lain, Lucky memiliki kebiasaan untuk mencari referensi dengan membaca atau menonton video motivasi dari sosok atau tokoh yang mempunyai latar belakang menarik baik dari dalam atau luar negeri. Hal ini bertujuan agar dirinya bisa menjadi lebih optimis, bersemangat, dan mengetahui solusi dari masalah-masalah yang ada. Menurutnya, untuk mencapai kesuksesan tentu tidak akan instan, dibutuhkan doa dan pengorbanan usaha serta waktu yang besar.

    Baca juga: Terapkan 3S ‘Santai, Serius, dan Selesai’ dalam Bekerja, Jadi Cara Hendra Gunawan Meraih Kesuksesan

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here