Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perawatan Untuk Mengatasi Kulit Kering

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kulit memiliki fungsi penting bagi tubuh, seperti membantu menjaga kestabilan suhu tubuh, melindungi tubuh dari berbagai macam kuman, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Maka dari itu, penting untuk kamu memahami kondisi kulit dan merawatnya sesuai dengan jenis kulit.

Kondisi kulit kering cukup membuat beberapa orang menjadi khawatir. Kulit yang sangat kering dapat mengganggu penampilan. Buat kamu yang memiliki kondisi kulit kering, kamu perlu melakukan perawatan secara teratur dan sesuai. 

Pada umumnya, kondisi kulit yang baik adalah tampak segar, lembap, elastis, bebas dari rasa gatal, terkelupas, atau perih. Untuk kondisi kulit kering, biasanya ditandai dengan kulit terasa kencang atau tertarik yang pada umumnya terjadi ketika sehabis mandi. Lalu, kulit juga terlihat tampak berkerut, kusam, kasar, dan kadang terasa gatal. Jika semakin parah, kulit kering bisa disertai kemerahan, tanda peradangan, dan terkelupas. 

Photo by Sharon McCutcheon (Unsplash.com)

Sebelum mengatasi masalah kulit kering, kamu perlu mengetahui penyebabnya, seperti berikut!

Faktor Eksternal

  • Cuaca.
  • Udara kering.
  • Berada di ruangan ber-AC.
  • Pakaian yang terlalu ketat.
  • Penggunaan sabun dan detergen yang tidak sesuai.
  • Penggunaan air panas ketika mandi.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu. 

Faktor Internal

  • Faktor genetik.
  • Penuaan.
  • Alergi.
  • Penyakit tertentu. 

Cara merawat kulit kering 

  1. Hindari penggunaan air dengan suhu yang terlalu panas

Bukan berarti tidak boleh mandi dengan air panas, tetapi sebaiknya kamu atur kadar panas air yang digunakan untuk mandi sekitar satu derajat di atas suhu tubuh, yaitu 38 derajat celcius. Suhu panas yang berlebih pada air dapat menghilangkan minyak alami dari kulit. Selain itu, kamu juga perlu mengatur durasi mandi, yaitu sekitar 5-10 menit. 

  1. Gunakan sabun khusus kulit kering

Gunakan sabun yang mengandung moisturizer atau melembapkan kulit. Pilihlah sabun yang tidak mengandung pewangi atau pewarna. 

  1. Hindari sabun dan detergen yang memicu kerusakan kulit

Sabun antibakteri dan mengandung alkohol dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah iritasi, begitu pula detergen. Apabila kamu hendak mencuci pakaian, sebaiknya gunakanlah sarung tangan khusus untuk mencuci. 

Photo by cottonbro (Pexels.com)

4. Gunakan pelembap

Kamu dapat menggunakan pelembap ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Gunakanlah pelembap alami yang mengandung vitamin E, minyak alpukat, minyak biji aprikot, dan vitamin A. Pelembap dianggap ampuh untuk mengatasi kulit bersisik, pecah-pecah, serta kulit kering. 

5. Gunakan krim anti-peradangan 

Apabila kondisi kulit kering yang kamu alami cukup parah hingga radang, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit. Biasanya kamu akan diberikan resep khusus, seperti krim untuk mengatasi peradangan pada kulit. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

Populer Artikel