Friday, July 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Sering Disepelekan, Ternyata Branding dan Promosi Itu Penting, Loh!

    Halo, Sahabat SiCepat! Pada topik kali ini, kita akan membahas mengenai permasalahan branding dan promosi yang sering dialami oleh para pelaku usaha, terutama bisnis UMKM yang kini sedang berkembang secara online semenjak Pandemi.

    Banyak dari pelaku usaha yang mengutamakan bisnis berjalan di awal untuk menghasilkan profit dan barang terjual habis, namun jika kamu terus fokus pada cara ini maka brand yang kamu bangun tidak akan berkembang, lho. Sebaliknya, apabila kamu mengetahui pentingnya melakukan branding dan promosi untuk suatu brand, maka kamu bisa melebarkan sayap bisnis dan menyentuh target pasar lebih luas lagi.

    Sebelumnya, Kenali Dulu Branding dan Promosi

    Menurut Indeed, branding bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk menjelaskan bisnis yang kita jalani serta tujuannya yang akan memberi dampak signifikan untuk membangun loyalitas pelanggan. Sedangkan, promosi didefinisikan oleh Toppr sebagai bentuk komunikasi antar penjual dan pembeli melalui kegiatan jual-beli, iklan, hingga bisa dikemas dalam suatu pameran.

    Baca juga: Kelola Arus Uang dalam Bisnis Agar Tidak Boncos

    Keuntungan Branding dan Promosi

    Menciptakan Brand Awareness

    Alasan utama kamu harus segera melakukan branding dan promosi adalah untuk memberitahu ke masyarakat mengenai brand usahamu. Sederhananya, bagaimana konsumen dapat membeli produk yang kamu jual jika mereka saja tidak mengetahui merek dagangmu. Menciptakan brand awareness juga terhitung sebagai langkah awal dari strategi promosi, terutama untuk produk terbaru atau yang belum dikenal sama sekali.

    Membangun Merek

    Photo by Blake Wisz on Unsplash

    Setelah kamu berhasil menciptakan brand awareness, maka hal selanjutnya adalah melakukan promosi untuk membangun merek dagangmu dengan menciptakan brand image yang terkesan positif. Konsumen akan lebih tertarik untuk membeli suatu produk dengan citra positif yang bisa kamu tingkatkan dari sisi kualitas hingga pelayanan kustomer.

    Menciptakan Loyalitas Pelanggan

    Ternyata, rutin melakukan promosi bisa membuat pelanggan semakin loyal dengan kita loh. Strategi promosi yang dibuat memang bertujuan agar pelanggan tidak berpaling dengan brand lain. Kamu bisa melakukannya dengan membuat promosi harga diskon, giveaway, atau memberikan point reward kepada pelanggan yang telah membeli produkmu.

    Sarana Edukasi Konsumen

    Selain sebagai strategi penjualan, kamu juga bisa memanfaatkan branding dan promosi sebagai kesempatan untuk mengenalkan informasi produk kepada pelanggan, terutama untuk produk yang akan launch atau belum dikenal sama sekali di pasaran.

    Itu dia benefit yang akan kamu dapatkan dari branding dan promosi, yuk jangan lewatkan kesempatan untuk membangun bisnis lebih besar dengan membaca artikel lainnya di Sahabat SiCepat.

    Baca juga: Cara Terkini Dapatkan Investor untuk Tambah Modal

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here