Saturday, January 28, 2023
25 C
Jakarta
More

    Sering Merasakan Stress Saat Ujian? Coba Terapkan 5 Taktik Berikut Ini

    Berbagai persiapan dilakukan para murid atau mahasiswa saat akan menghadapi ujian sekolah bahkan skripsi. Ujian selalu menjadi saat yang paling membuat stress bagi para pelajar dan mahasiswa, bahkan tidak jarang mereka dibuat takut akan soal dan hasil ujian.

    Ujian diberikan untuk mengevaluasi hasil belajar dan nantinya akan menunjukkan seberapa jauh kemampuan pelajar. Hasil ujian yang kurang membuat sebagian mereka stress. Karenanya, banyak pelajar hingga mahasiswa yang belajar habis-habisan agar nilai ujian baik.

    Stress ketika menghadapi ujian memang sering dialami. Beberapa bahkan sampai sakit ketika musim ujian datang. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa tindakan sederhana berikut ini:

    Menjaga Kesehatan

    Photo by Atom from Unsplash

    Kesehatan tentu menjadi poin paling penting saat menghadapi saat ujian. Karena tubuh sehat membuat stamina menjadi prima. Cenderungnya ketika ujian, tubuh dan pikiran akan terbagi secara maksimal sehingga membuat kondisi tubuh tidak sehat. Jadi menjaga kesehatan adalah poin penting untuk diperhatikan. 

    Olahraga

    Photo by Emma Simpson from Unsplash

    Olahraga menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan stress. Dengan melakukan olahraga secara tidak langsung dapat menstabilkan fungsi kinerja kembali. Kamu bisa melakukan peregangan otot selama 5-10 menit agar saraf-saraf stress yang kaku kembali rileks. 

    Atur Waktu Belajar

    Hal lain yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari rasa stress saat ujian yaitu mengatur jadwal belajar. Jangan lupa juga untuk mematuhi jadwal belajar yang sudah kamu buat. Dengan mengatur waktu belajar, kamu bisa lebih produktif dan termotivasi setiap hari saat menghadapi pelajaran. Selain itu juga bisa membantu kamu memahami kemauan belajar dan mengetahui tujuan belajar. 

    Baca juga: Ide Bekal Sekolah yang Praktis Dibawa Saat Pembelajaran Tatap Muka

    Tidur yang Cukup

    Photo by Ivan Oboleninov from Pexels

    Bagi sebagian anak muda, tidak jarang mereka rela mengorbankan waktu tidur untuk belajar. Padahal istirahat yang cukup juga sangat penting untuk dilakukan. Tidur bisa membantu otak kamu untuk mengasimilasi pengetahuan baru ke ingatan jangka panjang.

    Makan Sehat

    Jangan salah, makan makanan yang kaya gizi akan membantu kamu menjadi lebih fokus pada saat belajar. Salah satunya yakni buah pisang yang mengandung potasium yang bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung. Lalu Omega-3 pada teluar bermanfaat meningkatkan kinerja otak khususnya dalam mempertajam daya ingat dan memaksimalkan fokus. 

    Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Para Siswa

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here