Wednesday, October 5, 2022
31.9 C
Jakarta
More

    Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Para Siswa

    Aplikasi belajar online kini menjadi salah satu aplikasi yang banyak dicari. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini yang pembelajaran dilakukan secara daring. Mempertimbangkan efektivitas, keamanan, dan kenyamanan, metode pembelajaran online secara penuh menjadi pilihan saat ini.

    Walaupun memiliki banyak keuntungan, belajar online tidak sepenuhnya efektif untuk semua siswa. Tak heran jika ada beberapa siswa yang kurang paham dengan materi yang diberikan. Agar membantu memperdalam materi, berikut ada beberapa aplikasi belajar online yang bisa dimanfaatkan, yaitu:

    Ruangguru

    Dalam aplikasi Ruangguru, sekolah online tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru yang disediakan. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum. Program ini bisa diakses oleh murid yang sekolahnya sedang diliburkan atau sudah tatap muka. Sesi sekolah online yang sudah selesai bisa diputar ulang. Selain sekolah online, para murid bisa mengerjakan soal di fitur bank soal dan tryout secara gratis.

    Zenius

    Hadir sejak 2004, Zenius menghadirkan berbagai fitur sebagai penunjang proses belajar mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK, hingga kuliah lewat berbagai konten di dalamnya. Fitur andalan dari aplikasi e-learning ini adalah simulasi UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) yang kini menjadi persyaratan utama untuk masuk mayoritas perguruan tinggi di Indonesia. Zenius juga menyediakan materi tryout yang bisa kamu kerjakan dan lihat hasil dan pembahasan soalnya sendiri. Untuk materi lainnya, kamu juga bisa melihat menu insight yang berisi materi pembelajaran dari tutor lulusan universitas ternama dari dalam dan luar negeri.

    Baca juga: Persiapan Sekolah Tatap Muka

    Kelas Pintar

    Salah satu kelebihan dari Kelas Pintar yaitu memberikan ruang. Selain dapat diakses dan diperuntukkan untuk siswa dan guru, ternyata ada personalisasi dashboard untuk orang tua juga. Materi kurikulum yang digunakan pada aplikasi ini mengacu pada materi kurikulum 2013, jadi kamu tidak perlu khawatir terkait muatan kurikulumnya. Selain di Indonesia, aplikasi ini juga hadir di beberapa negara seperti Singapura, Afrika Selatan, dan UAE.

    Sekolahmu

    Aplikasi ini merupakan program belajar tanpa batas yang bisa diakses pelajar. Kelebihan dari aplikasi ini ada tool live streaming, di mana kamu bisa belajar secara langsung. Live streaming dapat ditonton sesuai dengan jenjang pendidikan pengguna. Jika beberapa aplikasi hanya menyediakan untuk jenjang pendidikan tertentu saja, aplikasi ini meliputi banyak jenjang pendidikan. Selain itu, Sekolahmu juga menawarkan program-program kurikulum sesuai kebutuhan.

    Baca juga: Dukung Peningkatan Pendidikan di Timur Indonesia, SiCepat Bersama Happy Hearts Indonesia Bangun PAUD di Nusa Tenggara

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here