Sunday, June 26, 2022
25.6 C
Jakarta
More

    Setelah Dua Tahun Tutup, Akhirnya Monas Kembali Dibuka Secara Bertahap

    Setelah ditutup selama dua tahun karena masa pandemi Covid-19, kawasan Monumen Nasional atau Monas akhirnya kembali dibuka untuk umum sejak Sabtu, 18 Juni 2022. Kini masyarakat bisa mengunjungi Monas setiap hari Selasa – Minggu, pukul 06.00 – 16.00 WIB.

    Sehingga perlu diingat bahwa setiap hari Senin, Monas ditutup untuk kunjungan umum karena digunakan untuk perawatan kawasan. Masyarakat yang ingin berkunjung ke Monas wajib melakukan pemindaian aplikasi PeduliLindungi atau JAKI.

    Pengunjung turut diimbau untuk menjaga kebersihan dan fasilitas, mematuhi protokol kesehatan (prokes) serta mendapatkan vaksin booster yang telah disediakan di kawasan Monas. Saat ini pun tidak ada Batasan usia bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Monas. 

    Selain itu, untuk mengurangi kepadatan pengunjung di titik masuk telah disediakan 3 pintu gerbang yang dibuka. Adalah pintu gerbang IRTI/Lenggang Jakarta, pintu gerbang Tenggara dan pintu gerbang Timur Laut. 

    Selanjutnya, pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas publik yang telah disediakan, seperti 4 lapangan futsal, 1 lapangan voli, dan 1 lapangan basket. Namun untuk area Tugu Monas masih ditutup. 

    Baca juga: Rekomendasi Wisata Jogja yang Instagramable

    Untuk bisa memanfaatkan fasilitas lapangan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yakni melapor ke Kantor UPK Monas dengan membawa tanda pengenal. Lalu penggunaan lapangan di Monas bisa dilakukan setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 06.00 – 15.00 WIB dan setiap pemakaian jenis lapangan berdurasi 60 menit.

    Selain itu, perizinan tidak diperkenankan secara berturut-turut dan jadwal serta lokasi akan ditetapkan oleh Kantor UPK Monas. Penggunaan lapangan juga hanya diperkenankan untuk leisure game dan bukan kompetisi. 

    Sebagai informasi, sebelumnya penutupan kawasan Monas sejak Maret 2020 tidak hanya dilakukan karena merebaknya Covid-19 di Jakarta saja. Melainkan juga disebabkan oleh proyek revitalisasi Plaza Selatan Monas yang memang belum rampung sepenuhnya.

    Baca juga: Pulau Pari, Wisata Eksotis Untuk Snorkeling

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here