Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Stop Kebiasaan Memangku Laptop, Ini Alasannya!

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Karena bentuknya yang ringkas dan lebih sederhana, membuat laptop lebih digemari oleh sebagian orang karena lebih mudah untuk dibawa kemana-mana ketimbang PC dekstop. Kelebihan yang dimiliki laptop membuat kamu bisa bekerja dimana pun. Tanpa meja pun, kamu tetap bisa memainkan laptopmu dengan memangkunya.

Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan memangku laptop ternyata bukanlah kebiasaan yang baik untuk dilakukan? Nah, ini dia beberapa alasan mengapa kamu harus meninggalkan kebiasaan buruk memangku laptop. Perhatikan ya!

Kulit Terbakar

Kebiasaan memangku laptop dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan efek kulit terbakar atau yang dinamakan toasted skin syndrome. Sindrom ini bisa terjadi karena paparan panas yang terlalu tinggi. Kondisi ini bisa disebabkan karena seseorang terlalu lama di depan perapian. Dalam hal ini, laptop juga mengeluarkan panas yang cukup tinggi jika digunakan terlalu lama sehingga terpaan panas tersebut bisa menimbulkan kulit terbakar.

Nyeri punggung dan leher

Menggunakan laptop dengan cara memangkunya di paha tidak disarankan karena bisa membuatmu terkena masalah pada bagian punggung. Hal ini disebabkan oleh posisi tubuh yang tidak proporsional saat memangku laptop. Sehingga hal ini sangat bisa menyebabkan nyeri di bagian punggung dan leher jika kamu memangku laptop dalam waktu yang lama.

Potensi kanker

Tak hanya bahaya toasted skin syndrome saja, bahaya panas yang dikeluarkan oleh laptop berisiko menimbulkan kanker kulit. Kondisi kulit terbakar akibat panas laptop ini disebut-sebut bisa memunculkan risiko kanker kulit yang lebih ganas. Risiko kanker juga dapat muncul karena area eektromagnetik pada laptop.

Membunuh sperma

Dikutip dari artikel hallosehat.com, menurut penelitian pada jurnal Human Reproduction di tahun 2005, ada hubungan panas yang dihasilkan dari laptop dengan jumlah sperma yang berkurang pada pria. Ternyata, panas laptop ini dapat menghangatkan sperma pria hingga tidak aktif lagi.

Nah, karena 4 alasan di atas, mulailah kurangi kebiasaan buruk memangku laptop terlalu lama ya! Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakan alas yang berbahan keras seperti buku tebal atau papan sebagai alas laptop agar tak menyentuh bagian tubuhmu secara langsung sehingga risiko-risiko buruk di atas bisa dihindari ya!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel