Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Suka Mendaki Gunung? Ini Dia 3 Jenis Bahan Jaket yang Nyaman untuk Pendaki

    Mendaki gunung bersifat petualangan yang menyenangkan bukan. Ya, zaman sekarang semakin banyak orang-orang yang  memiliki hobi mendaki gunung.

    Namun saat naik gunung pastikan semua hal harus benar-benar kamu perhatikan, apalagi soal outfit. Pakaian yang nyaman, aman, dan tetap trendy menjadi salah satu bagian penting dalam perlengkapan hiking. 

    Jaket merupakan salah satu barang penting yang dibutuhkan para pendaki gunung. Benda ini berguna untuk melindungi tubuh dari cuaca panas dan dingin saat melakukan pendakian. 

    Ada beberapa bahan jaket yang bisa mempengaruhi kenyamanan untuk dikenakan saat pendakian. Untuk mengetahuinya, berikut tiga jenis bahan jaket untuk pendakian. 

    Jaket Bahan Sintetis

    Untuk menahan udara dingin yang menerpa tubuh saat mendaki gunung, kamu dapat juga mengenakan jaket dengan padding atau isian berbahan sintetis. Biasanya jaket jenis ini terbuat dari bahan parasut dan diisi dengan padding dari dakron atau kapas sintetis.

    Selain dapat mempertahankan rasa hangat lebih lama, tebalnya jaket dapat melindungi kulit tubuh dari goresan ranting saat mendaki gunung. Meski demikian, kelemahan jaket jenis ini adalah ukurannya yang tebal.

    Jaket Waterproof

    Sumber: DIVEIN

    Saat mendaki, kamu juga harus waspada dan selalu siap dengan apa yang terjadi. Salah satunya ketika hujan maupun badai yang datang saat pendakian. Dengan menggunakan jaket gunung yang waterproof, adanya hujan maupun badai tidak akan menjadi masalah besar.

    Memilih jaket gunung dengan jenis waterproof akan lebih praktis dan mudah, sehingga kamu tidak perlu lagi membawa jas hujan ponco. Jenis jaket ini memiliki sistem seem shield atau lapisan sebagai pelindung sisi jahitan agar tidak kemasukan air. Bahan yang digunakan biasanya adalah gore-tex. Jenis bahan ini memiliki 3 macam, gore-tex standard, aktif, dan pro.

    Baca juga: Cuaca Tidak Menentu, Berikut Ini Tips Memilih Pakaian yang Nyaman Digunakan

    Jaket Bahan Wool atau Fleece

    Sumber: Acquire Mag

    Dalam perjalanan mendaki gunung tentu tantangan pertama adalah cuaca dingin. Jaket berbahan halus atau lembut, seperti wool atau fleece, jadi tipe pertama yang cocok menemani mendaki gunung.

    Tipe jaket bahan wool atau fleece atau akrab disebut dengan jaket sweater cocok untuk menghangatkan tubuh. Pasalnya, selain terasa lembut dan nyaman pada kulit, sweater juga dapat memerangkap panas tubuh dan mempertahankan rasa hangat sepanjang dikenakan.

    Baca juga: Kembali Booming, Ini Jaket 90an yang Bisa Kamu Coba

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here