Saturday, January 28, 2023
25 C
Jakarta
More

    Tetap Aman Saat Liburan Nataru 2023 dengan Membawa Kendaraan Pribadi

    Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 telah tiba. Sejumlah masyarakat akan memanfaatkan momen ini untuk berlibur ke kampung halaman menggunakan sepeda motor dan mobil. Agar selamat sampai tujuan dan kembali ke rumah masing-masing tanpa insiden apapun, para sebaiknya membekali diri saat membawa kendaraan, sebab kondisi jalan akan ramai pengguna jalan lain.

    Jika kamu akan berlibur dengan kendaraan pribadi, maka jangan lupa untuk mengecek kendaraan tersebut. Pastikan kendaraan kamu dalam keadaan prima dan aman untuk digunakan. Mengingat padatnya lalu lintas selama periode liburan ini ada sejumlah hal perlu dipersiapkan sebelum berlibur dan berkendara jarak jauh untuk wisata.

    Dikutip dari Instagram Kementerian Perhubungan (@kemenhub151) berikut ini tips tetap aman saat liburan Nataru 2023:

    1. Rencanakan Rute Liburan

    Photo by T.H. Chia from Unsplash.

    Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya pengemudi menentukan terlebih dahulu rute yang akan dilalui untuk mencapai tempat tujuan. Perhatikan juga rute alternatif yang disediakan oleh Pemerintah Daerah setempat jika ada. Rute alternatif ini dapat membantu meminimalisir terjadinya penumpukan arus lalu lintas di jalan utama menuju titik wisata populer.

    2. Cek Kondisi Kendaraan

    Photo by Kampus Production from Pexels.

    Penting bagi pemilik kendaraan untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kendaraan yang akan dipakai untuk berlibur. Paling aman lakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Pemeriksaan yang dilakukan mekanik bisa lebih mendetail sehingga tidak ada komponen yang terlewat. Beberapa komponen yang akan diperiksa biasanya kondisi komponen oli, kampas rem, kelistrikan, air radiator, kaki-kaki hingga kondisi ban.

    Baca juga: Tips Berkendara Aman di Malam Hari

    3. Bawa Barang Secukupnya

    Setiap mobil pastinya memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Maka dari itu pemilik kendaraan perlu menyesuaikan barang bawaan dengan kapasitas ideal kendaraannya. Jangan sampai barang muatan pada kendaraan melebihi kapasitas yang sudah ditentukan. Ini bisa menjadi berbahaya untuk pengemudi maupun pengguna jalan lain. Kapasitas barang berlebih juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan. Semakin berlebih muatan yang dibawa perlu lebih banyak tenaga dari mesin untuk menggerakan kendaraan.

    4. Perhatikan Kelengkapan Berkendara

    Jika kamu akan bepergian menggunakan kendaraan roda empat maka perlengkapan keselamatan berkendara yang harus diperhatikan ialah penggunaan safety belt atau sabuk pengaman. Ini dapat meminimalisir cedera dan potensi tubuh terlempar saat terjadi kecelakaan. Bagi yang membawa anak di bawah umur untuk berkendara jarak jauh sebaiknya menyiapkan car seat ISOFIX. Ini dapat menjadi pengganti sabuk pengaman yang belum cukup menjaga keamanan anak.

    5. Persiapkan Kondisi Tubuh

    Jika akan berkendara jarak jauh diperlukan istirahat cukup minimal delapan jam sebelum mengemudi. Tidak hanya itu berikan jeda istirahat setiap beberapa jam perjalanan dengan singgah di rest area. Saat beristirahat di rest area pengemudi bisa melakukan peregangan tubuh serta quick nap atau tidur singkat selama 15 – 30 menit. Ini dapat membantu menambah kebugaran pengemudi saat akan kembali melanjutkan perjalanan.

    Baca juga: Berkendara yang Aman Dan Nyaman Bersama Si Kecil

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here