Thursday, August 18, 2022
26.8 C
Jakarta
More

    Tips Liburan Tetap Aman dengan Anak Saat Meningkatnya Kasus Covid-19

    Peningkatan kasus Covid-19 yang bersamaan dengan jadwal liburan sekolah membuat banyak orangtua khawatir. Mungkin banyak orangtua yang sudah berniat mengajak anak berwisata sebagai hadiah prestasi yang didapatnya di sekolah.

    Terlebih lagi dengan pandemi yang sudah berjalan selama dua tahun belakangan, liburan bersama keluarga tentunya menjadi momen yang amat dinantikan. Perjalanan tentu harus direncanakan dengan matang dan bijak, sehingga liburan bisa dinikmati dengan aman dan nyaman. Ini termasuk mengeruk informasi seputar destinasi tujuan, serta kebijakan dan protokol kesehatan apa saja yang diterapkan di daerah tujuan.

    Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan oleh orangtua saat mengajak anak untuk liburan dikutip dari berbagai sumber:

    1. Pastikan Tubuh dalam Keadaan Sehat

    Sebelum memutuskan untuk berlibur, pastikan kamu dan anggota keluargamu dalam keadaan sehat. Saat sakit atau tidak dalam kondisi prima, daya tahan tubuh cenderung menurun. Hal ini bisa memudahkan berbagai penyebab penyakit, termasuk virus Corona, masuk ke tubuh selama liburan.

    2. Coba Tentukan Tempat Wisata yang Sepi

    Selain itu, kamu bisa memilih tempat wisata yang cenderung sepi atau menawarkan layanan private. Contohnya villa private, pantai yang jarang dikunjungi, air terjun yang masih alami, dan lainnya.

    Coba diskusikan dengan anak-anak dan keluarga mengenai tempat wisata tersebut. Pilihlah yang menarik, tapi kurang dilirik, sehingga liburanmu bisa menyenangkan dan cenderung aman.

    Baca juga: Tips Meningkatkan Kualitas Diri Selama Liburan Saat New Normal

    3. Selalu Sediakan Masker dan Hand Sanitizer

    Photo by Katie Harp from Unsplash

    Di mana pun kalian berada, pastikan untuk tetap mengenakan masker, meskipun kamu dan orang-orang di sekitarmu terlihat sehat. Bawalah lebih dari 1 masker sebagai cadangan. Selain itu, penting juga untuk selalu membawa hand sanitizer, karena tidak semua tempat menyediakan wadah untuk mencuci tangan.

    4. Penuhi Nutrisi Tubuh dan Minum Vitamin

    Photo by Cottonbro from Pexels

    Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kondisi kesehatan dari dalam. Penuhi nutrisi tubuh dengan asupan gizi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan lainnya. Jika perlu tambahkan suplemen dan vitamin tablet untuk dikonsumsi selama sebelum liburan dan setelah liburan. Hal ini guna menjaga kekebalan tubuh agar kuat jika terpapar Covid-19.

    Baca juga: Yuk, Liburan ke Tempat Wisata Glamping di Bandung!

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here