Saturday, January 28, 2023
23.9 C
Jakarta
More

    Trik Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang Usai Lebaran

    Sejumlah hidangan yang nikmat seperti rendang, ketupat, hingga opor ayam biasanya selalu tersedia saat Hari Raya Idul Fitri. Makanan khas Lebaran ini pastinya sayang untuk dilewatkan, meski lemak yang terkandung di dalamnya cukup tinggi. Bila nafsu makan tidak dikontrol dengan baik, akibatnya berat badan yang turun beberapa kilogram selama puasa Ramadan berisiko naik kembali setelah Lebaran.

    Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan dan membatasi agar berat badan tetap seimbang dan tidak naik dengan beberapa trik berikut ini:

    Mengontrol Porsi Makanan

    Photo by Rawpixel from Freepik

    Berbagai sajian makanan lezat memang menjadi ciri khas Lebaran, tetapi sebaiknya perhatikan jumlah makanan yang kamu konsumsi. Jika ingin mencoba semua makanan yang tersaji, sebaiknya ambil porsi kecil untuk setiap makanan. Jangan lupa untuk memperbanyak porsi sayur yang disediakan agar berat badan tetap terkontrol dengan baik.

    Perbanyak Aktivitas Fisik setelah Lebaran

    Saat Lebaran sebaiknya perbanyak aktivitas fisik di dalam rumah seperti membersihkan area makan, mencuci piring, atau mengajak keluarga bermain di halaman depan. Setelah Lebaran selesai, jangan lupa untuk kembali berolahraga agar kesehatan tetap dalam kondisi yang baik. Kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga seperti berjalan kaki, lari, bersepeda, berenang, yoga, hingga melakukan kardio. 

    Baca juga: Inilah Pentingnya Cheat Day di Tengah Diet

    Konsumsi Sayuran dalam Porsi Lebih Besar

    Photo by Jill Wellington from Freepik

    Tidak ada salahnya makan besar, selama dalam porsi yang seimbang. Alangkah baiknya, pastikan porsi sayuran lebih banyak daripada menu lain yang ada di piring kamu. Selain serat pada sayuran bagus untuk pencernaan, juga mempercepat perut terasa kenyang sehingga mengkonsumsi banuak makanan lainnya bisa dihindarkan.

    Istirahat yang Cukup

    Hari libur saat Lebaran dianjurkan agar kamu beristirahat yang cukup, agar metabolism tubuh tetap terjaga. Orang dewasa perlu tidur setidaknya 7-9 jam dalam semalam. Oleh karena itu, kembalikan ritme normal tubuh dengan tidur yang cukup untuk menjaga berat badan. 

    Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Agar Terhindar dari Dehidrasi

    Photo by Engin Akyurt from Unsplash

    Selama berkumpul dengan keluarga di momen lebaran, sebaiknya jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dengan baik membuat kamu terhindar dari kondisi dehidrasi.

    Saat cairan terpenuhi tubuh dapat membakar kalori dengan lebih baik. Selain itu, ketika tubuh terhidrasi dengan baik kamu bisa menekan nafsu makan sehingga lebih mudah mengontrol berat badan.

    Baca juga: Pentingnya Konsumsi Multivitamin dengan Ekstrak Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here