Saturday, January 28, 2023
25 C
Jakarta
More

    Trik Menjalankan Bisnis Sampingan Tanpa Meninggalkan Pekerjaan

    Apakah kamu pernah merasa ingin mendapatkan tambahan penghasilan di luar gaji yang didapatkan setiap bulannya? Banyak orang yang berkeinginan untuk memiliki sebuah bisnis sampingan namun tidak bisa meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang karyawan di perusahaan.

    Menjalankan usaha sambil mempertahankan pekerjaan di perusahaan merupakan impian dari sebagian besar orang. Hal ini tentu tidaklah mudah, akan ada banyak tantangan yang dihadapi. 

    Maka dari itu, berikut adalah tips yang harus dilakukan jika kamu ingin memulai bisnis tanpa harus meninggalkan pekerjaan:

    Memiliki Komitmen Tinggi

    Memiliki bisnis tanpa harus meninggalkan pekerjaan di kantor tidaklah mudah. Dibutuhkan keinginan dan tekad yang kuat untuk menjalankan keduanya secara bersamaan. Agar tidak ada satupun yang terbengkalai, komitmen menjadi hal wajib yang harus dimiliki. Dengan adanya komitmen yang tinggi, seberapa besar tantangan yang kamu hadapi akan lebih mudah untuk dijalankan, karena sebesar apapun tantangannya pasti akan ada solusi untuk meraih keberhasilan.

    Bijak dalam Mengatur Waktu

    Photo by Katemangostar from Freepik

    Walaupun memungkinkan, melakukan dua peran sekaligus sebagai pelaku usaha dan juga karyawan tentu akan menyita waktu. Untuk itu, kamu diperlukan untuk lebih fokus dalam mengatur waktu. Pastikan untuk memiliki timeline sendiri agar kedua tanggung jawab dalam peranmu dapat terselesaikan tepat waktu. Kurangi juga kegiatan yang tidak perlu dan besifat konsumtif. Hal ini hanya akan menghabiskan uang dan waktumu jika tidak dilakukan secara bijak.

    Belajar dari Para Ahli

    Photo by Blake Wisz from Unsplash

    Jika ingin sukses bekerja sambil memulai bisnis, hal lain yang harus kamu lakukan adalah belajar dengan orang yang sudah memiliki pengalaman berbisnis. Kemudian cobalah dalami ide kreatif, saran, dan tantangan yang mereka lalui dalam bisnis. Dengan begitu, kamu akan semakin termotivasi untuk mencapai tujuan dan impian. Jika kamu tidak memiliki teman yang telah berpengalaman dalam bisnis. Kamu bisa mulai dengan mencari tahu kehidupan pengusaha sukses lewat internet atau mengikut seminar bisnis.

    Baca juga: Ketahui Cara Kembangkan Manfaat WhatsApp Business untuk Bisnis Kamu

    Kelola Stres dengan Baik

    Photo by Elisa Ventur from Unsplash

    Bekerja sambil berbisnis pasti dapat menyita tenaga, pikiran, dan waktu yang lebih banyak. Hal ini tentu dapat membuat kamu menjadi lebih mudah stress. Untuk mengurangi risiko stres berlebih, jangan pernah biarkan diri kamu tenggelam dari kesibukan dan berikan waktu untuk tubuh beristirahat dengan cukup. Cobalah manfaatkan waktu senggang untuk bersantai dan bersenang-senang sejenak, atau sekedar menikmati waktu sendiri. Dengan begitu, risiko stress dalam diri akan sedikit berkurang.

    Belajar Mengelola Keuangan

    Photo by Kelly Sikkema from Unsplash

    Salah satu tantangan memulai bisnis sampingan adalah keuangan yang belum tentu stabil. Sehingga penting bagi kamu untuk belajar mengelola keuangan agar dapat mengatasi kesulitas pada bisnis yang kamu jalankan dengan baik ke depannya. Hal ini juga akan mempermudah kamu jika ingin melakukan ekspansi dalam usaha. 

    Mulailah dengan membedakan mana uang yang digunakan untuk usaha, uang pribadi atau gaji yang kamu terima setiap bulannya dari tempatmu bekerja. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengalokasikan keuangan dalam bisnismu. 

    Baca juga: Tips Untuk Seller Agar Penjualan Stabil

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here