Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeWisata KulinerKulinerTrik Menyimpan Makanan Sisa Lebaran agar Tidak Cepat Basi

    Trik Menyimpan Makanan Sisa Lebaran agar Tidak Cepat Basi

    Saat Hari Raya Lebaran, biasanya masyarakat memasakan makanan bersantan dalam porsi besar untuk disajikan kepada keluarga dan tamu. Namun terkadang bisa jadi makanan yang kamu masak terlalu banyak.

    Sehingga banyak makanan sisa yang tidak sempat untuk dimakan terlanjur basi dan mau tidak mau harus dibuang. Untuk itu, kamu harus memperhatika cara menyimpan makanan saat Lebaran dengan benar. Simak beberapa caranya berikut ini.

    Pisahkan Masakan dari Berbagai Bahan

    Bila kamu memiliki banyak masakan saisa namu berbeda-beda masakannya, pastikan tidak dicampur. Jangan campurkan langsung makanannya dalam satu tempat. Kamu harus pintar memilah makanan, misalnya makanan yang berbahan dasar sapi dan ayam dipisahkan. Tujuannya agar rasa masakan tidak bercampur aduk menjadi satu.

    Menyimpan dengan Wadah Tertutup

    Photo by Freepik from Freepik

    Sebelum menyimpan makanan Lebaran apapun, pastikan sudah meletakkannya dalam wadah tertutup. Bahkan ketupat jika ingin disimpan dalam waktu lama bisa menggunakan wadah tertutup. Selain itu, penyimpanan makanan Lebaran seperti opor ayam, rendang, hingga sayur memang perlu wadah tertutup agar tidak tercemar dari bakteri lainnya. Baru kemudian masukkan ke dalam kulkas.

    Baca juga: Bosan dengan Nastar dan Kastengel? Intip Ide Kue Lebaran yang Mudah Dibuat

    Simpan Masakan di Dalam Kulkas

    Bagi kamu yang memiliki makanan panas, maka ada baiknya sisa makanan harus didinginkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan suhu dingin mampu menjaga makanan dari bakteri. Kulkas menjadi salah satu tempat penyimpanan yang bisa digunakan untuk mendinginkan makanan. Sisa makanan yang didinginkan dalam kulkas, bisa dimakan dua hingga tiga hari kemudian sesuai dengan jenisnya. Makanan juga bisa dibekukan karena bakteri tidak dapat tumbuh dalam suhu dingin freezer.

    Jangan Tersentuh Tangan

    Photo by Max Delsid from Unsplash

    Saat mengambil makanan, jangan menyentuhnya dengan tangan terlebih memakai sendok yang habis digunakan makan. Sebab makanan yang tersentuh tangan atau alat makan bekas, dapat menjadi saluran pengantar bakteri yang masuk dan dapat menyebabkan makanan cepat basi. Sehingga usahakan sebelum menyimpan hidangan sisa Lebaran jangan sampai tersentuh tangan.

    Hanya Panaskan Sekali

    Memanaskan makanan sisa Lebaran yang sehat dan aman penting diterapkan. Meski dibolehkan, jangan memanaskan makanan sampai berkali-kali misalnya lebih dari tiga kali. Cukup panaskan makanan sekali dan langsung konsumsi. Sebab makanan yang dipanaskan berulang-ulang akan membuat sejumlah nutrisi berkurang sehingga menjadi tidak sehat bahkan membahayakan tubuh.

    Baca juga: Camilan Praktis yang Bisa Kamu Bawa saat Perjalanan Mudik Lebaran

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments