Saturday, January 28, 2023
23.9 C
Jakarta
More

    Trik Mudah Membuat Cat Mobil Tetap Kinclong

    Cuaca yang berubah antara hujan dan panas, dapat membuat kondisi warna kendaraan kusam bahkan cat mobil bisa menjadi rusak. Sehingga kamu harus menaruh perhatian ekstra pada cat mobil agar penampilannya tetap terjaga hingga trik merawatnya.

    Oleh karena itu, berikut sejumlah trik merawat cat mobil agar tetap mengkilap dan terjaga walau pada musim pancaroba sekalipun.

    Mencuci mobil setelah terkena air hujan

    Photo by Pixabay from Pexels

    Air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan kering akan menjadi jamur dan merusak cat mobil. Sebaiknya kamu langsung mencuci dan diseka sampai kering untuk menghilangkan zat asam yang dapat membuat cat mobil. Tidak harus menggunakan sabun, dengan membilas mobil dengan air bersih sudah cukup untuk menghilangkan air hujan dari body mobil.

    Hindari parkir mobil di bawah sinar matahari langsung

    Photo by Jose Mueses from Pexels

    Kebiasaan memakirkan mobil di bawah sinar matahari langsung memiliki konsekuensi buruk bagi cat mobil kamu. Suhu tinggi dan paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari bisa membuat kualitas cat dan pernis (coating) menurun. Hal tersebut akan membuat tampilan cat mobil kamu terlihat kusam. Selain itu, sinar matahari langsung juga memiliki konsekuensi buruk untuk komponen interior seperti dashboard dan jok.

    Baca juga: Mobil Listrik Mercedes-Benz Siap Rilis Tahun Ini

    Jangan menutup mobil dengan sarung mobil

    Photo by Whereslugo from Unsplash

    Masih banyak yang mengira dengan menutup mobil dengan sarung mobil dapat membuat cat tetap awet dan mengkilap. Namun nyatanya, hal ini sangat tidak disarankan karena dengan menutup body mobil dengan sarung pada malam hari atau saat hujan dapat membuat lembab dan mudah berjamur. Begitu juga saat panas, debu yang menempel di permukaan mobil dan terkena angin akan menjadi lebih susah dihilangkan.

    Gunakan kain yang halus saat membersihkan mobil

    Photo by Kaboompics from Pexels

    Selanjutnya yaitu membersihkan bagian luar mobil dengan kain yang halus atau tidak kasar. Minimal menggunakan kain yang banyak beredar di pasaran seperti kanebo. Hindari pemakaian kain yang asal seperti potongan bekas baju atau bekas handuk. Hal ini karena benda-benda tersebut tidak didesain untuk membersihkan bagian luar mobil kamu.

    Gunakan wax seperlunya

    Photo by Senivpetro from Freepik

    Penggunaan wax untuk merawat cat mobil boleh saja asal tidak berlebihan. Karena pemakaian wax yang berlebihan dan terlalu sering dapat membuat cat mobil kamu akan terkikis. Sehingga gunakan wax seperlunya agar cat mobil tetap mengkilap dan awet lebih lama.

    Baca juga: Lindungi Mobil Saat Musim Hujan Dengan Coating Body Mobil

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here