Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Trik Promosi di Bulan Ramadan untuk Meningkatkan Penjualan

    Bulan Ramadan merupakan saat yang paling ditunggu bagi umat Muslim. Selain itu juga menjadi momen emas bagi para pelaku usaha untuk meraup lebih banyak keuntungan dengan promosi yang dilakukan.

    Menyambut bulan Ramadan ini, mungkin kamu sudah memiliki rencana untuk menggunakan peluang bisnis sekaligus mendapat penghasilan tambahan. Apalagi banyak peluang yang bisa dimanfaatkan seperti menjual berbagai macam takjil, pakaian baru, hampers, hingga perlengkapan ibadah.

    Maka dari itu, kamu perlu memahami strategi pemasaran yang tepat agar penjualan lebih maksimal lewat beberapa strategi berikut ini.

    Buatlah topik konten tentang Ramadan

    Photo by Thirdman from Pexels

    Saat bulan Ramadan tiba, para pelaku bisnis akan berlomba-lomba untuk memberikan promosi besar-besaran. Momen ini harus kamu gunakan untuk berkreasi sekreatif mungkin menentukan produk seperti apa yang akan menarik perhatian para konsumen.

    Kamu bisa membuat produk spesial Ramadan dengan edisi terbatas sehingga pelanggan akan merasa tertarik untuk membeli produk. Selain itu, kamu juga bisa memberikan beberapa variasi sehingga pelanggan memiliki banyak pilihan

    Hadirkan diskon pada bisnismu

    Photo by Artem Beliaikin from Pexels

    Salah satu strategi pemasaran paling efektif adalah dengan mencoba menawarkan diskon pada produk atau layanan yang kamu berikan. Fokus menawarkan diskon atau promosi menarik di bulan Ramadan bisa membantu kamu agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

    Di bulan Ramadan tentu saja akan banyak sekali penjual yang menawarkan diskon. Maka dari itu, kamu harus bisa mencari cara agar promosi yang kamu tawarkan lebih menarik.

    Baca juga: Sering Disepelekan, Ternyata Branding dan Promosi Itu Penting, Loh!

    Sesuaikan waktu saat orang-orang online

    Photo by Cottonbro from Pexels

    Memasuki bulan Ramadan beberapa kebiasaan pasti akan berubah. Salah satunya adalah kebiasaan orang-orang aktif di media sosial atau hanya sekedar berselancar di internet akan sedikit berubah. Biasanya di bulan Ramadan, waktu yang paling aktif adalah ketika sore hari menjelang jam berbuka puasa atau saat sahur mendekati subuh. 

    Sehingga inilah waktu yang sangat tepat bagi kamu untuk membagikan konten-konten atau promosi di media sosial. Dengan begitu, para pelanggan akan melihat produk bahkan kemungkinan mereka jadi tertarik untuk membeli kamu.

    Maksimalkan promosi melalui media sosial


    Photo by Adem AY from Unsplash

    Di era serba digital saat ini, media sosial sudah menjadi makanan sehari-hari setiap orang. Sehingga memaksimalkan penggunaan media sosial untuk kebutuhan promosi sangatlah penting.  Promosi untuk memasarkan produk secara online harus diatur dengan benar agar kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen. 

    Kamu bisa memanfaatkan platform seperti Instagram, TikTok, Facebook, hingga Youtube. Selain itu, kamu juga bisa mengadakan challenge berhadiah atau giveaway bagi para pelanggan untuk membuat konten tentang produk bisnismu.

    Manfaatkan layanan pesan-antar

    Photo by Gustavo Fring from Pexels

    Selama pandemi kebanyakan orang tentu enggan untuk membeli barang dengan langsung mendatangi toko. Sehingga layanan pesan-antar menjadi pilihan yang paling dicari masyarakat untuk situasi seperti saat ini dan juga menghemat waktu serta tenaga.

    Pembeli tidak perlu menghabiskan waktunya untuk menghadapi macetnya jalanan dan tak bersusah payah untuk datang ke toko. Bahkan kini pelanggan juga bisa membeli produk melalui media sosial, e-commerce, atau media online lainnya. 

    Baca juga: Tips Untuk Seller Agar Penjualan Stabil

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here