Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    4 Tips Lakukan Virtual Photoshoot Untuk Hasil Foto Yang Ciamik

    Di rumah saja membuatmu tidak produktif? Eits, jangan salah! Jika kamu punya hobi fotografi dan merasa bosan karena tidak bisa hunting foto ke luar rumah, kamu bisa lho mengikuti tren fotografi yang sedang hits belakangan ini, yaitu virtual photoshoot.

    Memiliki sense of art

    Virtual photoshoot merupakan hal yang gampang-gampang susah diterapkan. Disebut gampang karena kita hanya perlu menelepon via video call dan memotret sang model. Namun, hal ini justru menjadi tantangan bagi sang fotografer untuk bisa mengasah sense of art nya agar foto yang dihasilkan ciamik dan aesthetic. Untuk itu, sang fotografer harus pintar-pintar mengatur berbagai elemen dalam fotografi seperti komposisi visual, angle pencahayaan, dan lain sebagainya agar hasil foto bisa sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, fotografer juga harus pandai berkomunikasi untuk mengarahkan sang model untuk berpose dengan baik. Mulai dari posisi rambut, tangan, tubuh, hingga detail-detail kecil lainnya.

    Tentukan waktu pemotretan

    Saat melakukan virtual photoshoot, pencahayaan menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan lho! Nah biasanya, waktu terbaik untuk mengambil foto adalah di waktu golden hour, yakni saat matahar terbit atau terbenam. Namun, hal ini kembali lagi ke konsep foto seperti apa yang diinginkan ya, guys! Jika kamu ingin nuansa yang berbeda, kamu juga bisa lho memotret di saat blue hour yakni waktu sebelum matahari tenggelam. Seperti namanya, foto yang dihasilkan oleh blue hour ini akan memiliki tone warna kebiruan. Namun, rentan waktu ini sangat singkat. Jadi, kamu harus pintar-pintar mengatur waktu saat melakukan pemotretan virtual di waktu-waktu ini. Dalam melakukan virtual photoshoot, lebih baik untuk kamu mengandalkan pencahayaan alami ya, agar foto yang dihasilkan tidak gelap.

    Gunakan peralatan foto yang mendukung

    Karena teknik fotografi satu ini dilakukan melalui perangkat digital dengan panggilan video, maka sebaiknya kamu memanfaatkan berbagai aplikasi yang bisa mendukung hasil fotomu. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi video call yang paling baik menurutmu. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik dari segi gambar dan resolusi yang dhasilkan. Gunakanlah aplikasi panggilan video yang menampilkan resolusi tinggi agar foto yang dihasilkan baik. Selain itu, faktor internet juga menjadi hal yang paling penting. Dengan internet yang lancar, panggilan video yang kamu lakukan dengan sang model juga akan menghasilkan kualitas gambar yang baik. Jangan lupa untuk menggunakan kamera profesionalnya ya agar hasil fotomu seperti fotografer sungguhan!

    Manfaatkan properti di sekitar rumah

    Yang menarik dari virtual photoshoot ini adalah hasil foto yang aesthetic. Untuk menghasilkannya, ternyata tak membutuhkan properti yang sulit dan mahal kok! Kamu bisa memanfaatkan properti di sekitar rumah untuk menghasilkan efek foto yang indah dipandang. Kamu bisa memanfaatkan bunga, gelas, kaca, atau benda lainnya yang bisa mendukung hasil foto yang ciamik. Setelah itu, kamu bisa memoles hasil fotomu menggunakan aplikasi editing foto agar foto jepretanmu semakin menarik dan aesthetic! Selamat mencoba!

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here