Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Aplikasi Video Call Yang Mudah Digunakan Orang Tua

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Salah satu cara mengatasi rasa rindu bertemu dengan keluarga adaalah dengan melakukan panggilan video melalui aplikasi video call. Namun, orang tuamu belum tentu dapat menggunakannya. Menggunakan aplikasi panggilan video dapat menjadi kesulitan tersendiri bagi orang tua yang tidak biasa menggunakan ponsel dan teknologi digital. 

Kamu dapat merekomendasikan aplikasi berikut ini kepada orang tua untuk mempermudah komunikasi kalian secara virtual selama pandemi ini! 

WhatsApp

Photo by Anton (Pexels.com)

Whatsapp adalah aplikasi yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirim pesan singkat, pesan suara (voice call), dan panggilan video (video call). Panggilan video melalui WhatsApp dapat digunakan untuk delapan orang sehingga cukup ideal untuk anggota keluarga yang berjumlah kurang dari delapan orang. 

Untuk menggunakan video call, kamu bisa klik obrolan baru atau chat dengan orang yang ingin diajak panggilan video, kemudian ketuk ikon kamera untuk memulai video call. Jika ingin membuat panggilan dengan jumlah delapan orang, cara yang paling mudah adalah membuat grup berisi orang-orang yang ingin dihubungi, kemudian ketuk ikon video call. 

Cara lain yang bisa kamu lakukan, buka tab panggilan, kemudian pilih ikon panggilan baru, tambahkan kontak orang-orang yang ingin dihubungi. Penerima akan mendapat notifikasi penggilan video, kemudian geser tombol hijau untuk mengangkat panggilan. 

LINE 

Photo by Google Play Store

Panggilan video pada aplikasi LINE dapat dilakukan melalui grup dengan cara cukup mengetuk ikon telepon, kemudian pilih video call untuk pertemuan. Jika tidak memiliki grup, masuk tab obrolan atau chat, kemudian ikon kamera video di layar atas. Ketuk undang atau invite untuk memasukan kontak yang ingin diajak video call, lalu “start” untuk memulai panggilan. 

Google Meet 

Photo by Surface (Unsplash.com)

Aplikasi konferensi video dari Google ini cukup sering digunakan untuk rapat virtual atau belajar online. Walaupun sering digunakan oleh suatu perusahaan atau lembaga, aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk orang tua. 

Google Meet sangat cocok digunakan untuk acara besar keluarga karena bisa menampung peserta hingga 100 orang. Kamu cukup buka akun Gmail dan pilih “Meet” di bagian kanan bawah layar, kemudian ketuk “New Meeting” untuk membuat pertemuan baru. Kamu cukup mengirimkan tautan kepada orang tuamu, dan mereka cukup mengetuk tautan tersebut dan kemudian akan dialihkan ke Google Meet. 

Google Duo 

Photo by Google Play Store

Aplikasi yang satu ini merupakan bawaan dari Google Android. Google Duo dapat digunakan untuk pertemuan virtual dengan maksimal 32 peserta. Ketuk “create grup” untuk membuat grup konferensi video, lalu tambahkan kontak orang-orang yang ingin diajak video call (dengan syarat, orang tersebut sudah memiliki aplikasi Google Duo di smartphone-nya). Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti filter berbasis augmented reality. 

FaceTime 

Photo by Anna Shvets (Pexels.com)

Aplikasi FaceTime hanya tersedia untuk pengguna perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, Mac, dan MacBook. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan sesama pengguna perangkat Apple. Caranya, cari kontak yang ingin dihubungi, kemudian ketuk ikon kamera untuk memulai panggilan video. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

Populer Artikel