Wednesday, December 7, 2022
32 C
Jakarta
More

    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Cash On Delivery (COD)

    Meningkatnya tren belanja online menyebar ke banyak lapisan masyarakat. Beragam karakteristik masyarakat yang berbelanja online mendorong metode pembayaran yang semakin variatif agar proses transaksi semakin mudah.  Terbukti dari semakin meningkatnya antusiasme masyarakat dengan metode pembayaran di tempat atau cash on delivery (COD).

    Metode pembayaran COD ditawarkan berbagai platform toko online untuk memudahkan konsumen. Sehingga para konsumen bisa membayar di tempat saat barang dikirimkan oleh kurir. Cara kerja pembayaran COD adalah pembeli membayar pesanan secara tunai ke kurir sebelum paket dibuka.

    Apabila pesanan tidak sesuai, rusak, dan mengalami kecacatan, pembeli bisa mengajukan pembelian dana atau barang melalui platform marketplace dan bukan ke kurir. Dalam melakukan sistem pembayaran COD, pasti ada keuntungan dan kerugian yang bisa dirasakan oleh pembeli maupun penjual.

    Baca juga: Sederet Keuntungan Belanja Online dengan Sistem COD, Mau Tahu?

    Lalu bagaimana cara melakukan pembayaran sistem COD yang aman dan baik? Simak tipsnya berikut ini:

    1. Memastikan Tempat Kamu Membeli Barang

    Pastikan marketplace tersebut benar-benar aman dan terpercaya alias legal di negara ini. Jika tidak, sebaiknya segera tinggalkan karena itu sangat rawan dengan penipuan dan pencurian. Uang yang telah hilang memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk kembali, meskipun si pelaku sudah berhasil tertangkap polisi.

    1. Jangan Mudah Tergiur Promo Tidak Masuk Akal

    Transaksi online adalah sistem yang banyak digunakan saat ini. Kendati demikian, banyak pula yang merasa dirugikan karena sistem yang kadang menipu. Banyak agen yang menawarkan pinjaman, kredit, serta tabungan. Pilihlah platform marketplace yang sudah terjamin keabsahannya.

    1. Pilihlah Marketplace yang Kredibel

    Beberapa marketplace yang dapat kamu gunakan untuk berbelanja adalah Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli, Tokopedia dan masih banyak lagi. Di mana penjual tidak akan menerima uang yang telah anda transfer sebelum barang benar-benar sampai di tangan anda. Atau, jika kamu ingin membeli barang dari seseorang, lebih baik untuk menggunakan pihak ketiga yakni rekber (rekening bersama) yang telah terekomendasi. Sekali lagi, jika kamu ingin membeli melalui transaksi online adalah kewaspadaan yang perlu ditingkatkan. 

    Agar belanja semakin aman, kamu bisa menggunakan layanan COD dari SiCepat Ekspres! Fitur ini dapat digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan kamu loh! Dan tentunya lebih aman dan praktis dalam mengirim barang ke seluruh wilayah di Indonesia.

    Baca juga: Tips Aman Belanja Dengan SiCepat COD

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here