Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    Cara Menggunakan Sistem COD yang Benar

    Belakangan ini sedang marak terjadi pelanggaran layanan COD (Cash on Delivery). Pelanggaran tersebut dilakukan oleh para pembeli yang melampiaskan amarahnya kepada kurir COD, bahkan hingga mengancam keselamatan kurir. 

    Menanggapi hal tersebut, SiCepat Ekspres ingin memberi informasi kepada Sahabat SiCepat tentang bagaimana prosedur COD yang benar. Berikut penjelasannya!

    Pembeli tidak diperbolehkan membuka paket sebelum membayar

    Jika kamu menggunakan sistem COD saat berbelanja online, kamu perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum membuka paket. Siapkan uang dengan jumlah yang sesuai dengan invoice yang tertera di aplikasi e-commerce pilihanmu. 

    Kurir melakukan proof of delivery 

    Setelah kamu menerima paket dan membayarnya, kurir melakukan proof of delivery dengan cara, scan barcode pada label paket, tanda tangan pembeli di atas label paket, dan foto pembeli beserta paket yang diterima. 

    Pembeli dapat membuka paket dan cek kesesuaian 

    Setelah penerimaan, pembayaran, dan melakukan bukti transaksi COD, pembeli berhak membuka paket dan cek kondisi, serta kesesuaian paket. Untuk mengantisipasi kerugian jika kamu menerima paket yang rusak atau tidak sesuai, sebaiknya kamu membuka paket sambil video unboxing dan foto barang pesanan sebagai bukti ketika ingin mengajukan klaim atau pengembalian.


    Bagaimana jika pesanan dalam kondisi rusak atau tidak sesuai?

    Jika pesanan tidak sesuai ada kerusakan, pembeli tidak bisa mengembalikan paket melalui kurir. Sebagai pembeli yang bijak, kamu juga tidak berhak memarahi kurir apalagi sampai mengancam keselamatan kurir. 

    Daripada meluapkan emosi kepada kurir, kamu bisa melakukan retur melalui aplikasi e-commerce dengan melampirkan foto dan video pendukung. Berikut tahap retur transaksi COD melalui e-commerce:

    1. Buka aplikasi e-commerce yang kamu gunakan untuk membeli pesanan tersebut. 
    2. Klik daftar transaksi.
    3. Pilih transaksi yang sesuai dengan pesanan tersebut.
    4. Klik pesanan sudah diterima.
    5. Klik masalah produk tidak sesuai. 
    6. Tandai produk yang akan dikomplain. 
    7. Jelaskan keluhan yang dialami, sertakan foto dan video pendukung yang menunjukkan bahwa barang yang diterima tidak sesuai.
    8. Tunggu konfirmasi pengembalian dari penjual. 
    Alycia Putri
    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Latest news

    Related news

    2 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here