Tuesday, August 16, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Instagram Hadirkan Kembali Feed Chronological Tahun Depan

    Instagram akan kembali menghadirkan chronological feed tahun depan setelah sebelumnya dihilangkan pada tahun 2016. Hal ini berkaitan dengan uji coba yang dilakukan untuk menampilkan dan mengurutkan konten pada feed pengguna.

    Bagi pengguna veteran, pasti sudah memahami mengenai konsep chronological feed. Feed ini kemudian digantikan dengan pengaturan feed berdasarakan algoritam preferensi dan aktivitas pengguna.

    Kehadiran chronological feed diungkapkan langsung oleh Adam Mosseri selaku Head of Instagram bahwa ia mendukung memberi pilihan chronological feed kepada pengguna. Hal ini diungkapkan secara langsung saat ia berbicara mengenai keamanan pengguna remaja di depan Senat AS. Ia juga menambahkan jika Instagram telah mengerjakan fitur ini selama beberapa bulan dan berencana meluncurkannya pada kuartal pertama tahun 2022.

    Baca juga: Syarat dan Cara Untuk Ajukan Centang Biru di Instagram

    Pernyataan ini kemudian dikonfirmasi oleh Instagram melalui cuitan twitter resmi Mosseri. Dalam cuitannya, aplikasi Instagram milik meta ini juga sedang bereksperimen dengan Favorites feed. Rumor keberadaan favorites feed sudah muncul sejak beberapa bulan lalu sebagai solusi terbaru untuk ‘merapikan’ urutan feed agar sesuai timeline.

    “Kami ingin pengguna memiliki kendali yang berkesan sebagai pengalaman mereka menggunakan instagram. Saat ini, kami juga sedang mengerjakan opsi Favorites agar kamu bisa memilih postingan siapa yang ingin dilihat lebih dulu, dan kami juga mengerjakan opsi lain untuk melihat postingan orang lain dalam chronological feed.”

    Sementara itu, favorites feed sempat muncul pada tahun 2017 dan belum dan belum ada nama khusus dengan sistem pengguna bisa membatasi jumlaj audiens untuk tiap postingan. Sebagai contoh, apabila kalian mengunggah foto ulang tahun, maka hanya akun-akun tertentu dalam Favorites yang dapat melihat foto tersebut.

    Mengenai kehadiran kembali Favorites akan memberi lebih banyak kontrol pada feed instagram. Sebanyak apapun akun yang diikuti, fitur favorites akan berguna memasukkan orang terdekat agar postingan mereka tidak tertimbun. Hal ini dilatarbelakangi oleh cara kerja algoritma yang selama ini menyajikan feed terbaru dari orang-orang yang diikuti. Perlu digarisbawahi, meskipun kabar favorites feed sudah tersebar, namun belum ada kepastian dari pihak Instagram mengenai waktu rilis fitur.  

    Baca juga: Robot Canggih untuk Dunia Kerja Masa Depan

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Get in Touch

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here