Friday, July 1, 2022
33.9 C
Jakarta
More

    Robot Canggih untuk Dunia Kerja Masa Depan

    Kemajuan teknologi robot sudah diramal akan menguasai dunia di masa depan dan kemungkinan akan menggantikan sebagian besar partisipasi manusia dalam dunia kerja.

    Seorang akademisi dari Future of Humanity Institute di Oxford University, Stuart Armstrong menjelaskan jika di masa depan pekerjaan manusia dapat digantikan oleh karya hasil kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), “Saat mesin sudah lebih pintar daripada manusia, maka kita menyerahkan roda kemudi kepada mereka.”

    Kemunculan robot canggih ini sudah menjadi bagian besar dari sektor perusahaan yang bergerak di bidang medis, pertanian, perawatan rumah, seni eksplorasi ruang angkasa, bahkan hingga kegiatan manusia selama pandemi. Sebagai contoh, Teknologi Cloud Minds turut menyumbangkan ciptaannya untuk mendesinfeksi, mengukur suhu, mengantarkan makanan dan obat-obatan, serta menghibur staf medis dan pasien di sebuah rumah sakit di Wuha, Cina.

    Baca juga: Rilis Mobil Balap, Tim Mahasiwa ITS Siap Tanding di FSAE Japan 2022

    Beberapa robot lainnya juga ikut diperkirakan akan menguasai dunia di masa depan seperti:

    1. Robot Surena IV

    Inovasi sekolompok peneliti dari Universitas Teheran menghasilkan robot humanoid bernama Surena yang pertama kali diperkenalkan satu dekade lalu. Pada perkembangannya, Surena II dan Surena III 2015 sudah dapat berjalan dan ekspansi besar dalam kemampuan. Sementara itu, versi lain untuk Surena IV menunjukkan kemampuan untuk meniru pose seseorang, memegang air botol, bahkan menulis namanya di papan tulis.

    2. Robot Air Transforming

    Houston Mechatronics pertama kali membuat robot aquanaut dengan kemampuan unik mengubah diri saat di bawah air, bergerak dari kendaraan submersible otonom (AUV), dan menjadi robot pemeliharaan humanoid (ROV).

    3. Anjing Sony Aibo

    Bagi kamu yang alergi terhadap hewan namun ingin tetap memeliharanya mungkin bisa mencoba dengan merawat Aibo Sony ini. Aibo Sony mulai popular sejak 2018 lalu. Aibo juga bisa menyesuaikan dengan perilaku pemilik dari waktu ke waktu dengan tujuan agar bisa berperilaku semirip mungkin dengan anjing sungguhan.

    4. Honda Asimo

    Teknologi milik Honda ini dianggap sebagai salah satu ciptaan paling canggih di dunia. Kecanggihannya didukung oleh sistem AI-nya yang kompleks sehingga robot bisa terus belajar dari lingkungannya.

    Baca juga: Jenis Mobil Listrik yang Ada Di Indonesia

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here