Saturday, January 28, 2023
25 C
Jakarta
More

    Penyebab Jerawat di Alis dan Cara Menghilangkannya, Perlu Diketahui!

    Tidak dipungkiri bahwa jerawat memang suka muncul dimana saja, baik di beberapa area tubuh dan wajah. Namun jerawat biasanya lebih sering muncul di area wajah dan cukup menganggu penampilan. Salah satu area yang tidak terduga untuk muncul jerawat adalah alis.

    Jerawat yang muncul di bagian alis ini memang kerap terjadi dan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Seperti ketika pori-pori tersumbat oleh minyak, kotoran, atau bakteri. Namun jika kamu mengetahui penyebabnya, kamu dapat menemukan perawatan yang tepat. Ini dia beberapa penyebab munculnya jerawat di alis, yaitu:

    Pori-Pori Tersumbat

    Pori-pori bisa tersumbat oleh berbagai zat antara lain minyak dari wajah, rambut, tangan, keringat, hingga sel kulit mati. Meskipun kelejar keringat juga merupakan pori-pori di kulit, folikel rambut adalah pori-pori utama yang terlibat dengan jerawat.

    Kulit Berminyak

    Photo by Haley Lawrence from Unsplash

    Kulit berminyak menjadi salah satu penyebab jerawat yang paling umum. Hal ini karena minyak berlebih pada kulit bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan jerawat. Karena wajah dan dahi memiliki kelenjar minyak, biasanya orang dengan kulit berminyak mendapatkan jerawat di sekitar atau di antara alis mereka.

    Hormon

    Photo by Freepik from Freepik

    Perubahan hormon dapat menyebabkan timbulnya jerawat, khususnya bagi para wanita. Jerawat hormonal paling umum biasanya terjadi sekitar periode menstruasi, selama menopause, masa kehamilan, dan alat kontrasepsi.

    Baca juga: Intip Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah

    Sering Menyentuh Wajah

    Photo by Sora Shimazaki from Pexels

    Ketika kamu menyentuh wajah, minyak alami di tangan berpindah ke wajah dan bisa menyumbat pori-pori. Selain itu, tangan kamu memiliki bakteri tidak peduli seberapa sering kamu mencucinya. Menyentuh wajah dapat membawa bakteri ini ke pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan jerawat.

    Kosmetik

    Photo by Freestocks from Unsplash

    Nyatanya beberapa kosmetik bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Kuas riasan yang kotor juga dapat menyebabkan jerawat, karena dapan menampung bakteri. Kosmetik seperti gel alis secara khusus dapat menjadi penyebab jerawat alis.

    Cara Mengatasi Jerawat di Alis

    Jika sudah muncul jerawat pada alismu, kamu bisa merawatnya sama seperti jerawat kebanyakan. Tidak perlu treatment khusus untuk menghilangkan jerawat yang muncul di area alis ini. Berikut beberapa trik untuk mengatasi jerawat:

    1. Hindari memencet jerawat atau benjolan sebab bisa memicu pendarahan dan luka. Ekstraksi jerawat harus dilakukan tenaga profesional.
    2. Kompres dengan kompres hangat untuk meredakan bengkak.
    3. Penggunaan bahan alami sebagai obat totol jerawat seperti minyak tea tree, aloe vera, atau minyak rosemary.

    Baca juga: Tips Makeup Untuk Kulit Sawo Matang

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here