Tuesday, January 25, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ragam Soto Asli Indonesia yang Menggoyang Lidah

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Soto menjadi makanan khas Nusantara yang tak pernah hilang ditelan jaman. Hampir di semua daerah di Indonesia memiliki sajian soto khasnya masing-masing. Meski bahan dasarnya berbeda, sajian kuliner berkuah ini memiliki citarasa yang bisa menyegarkan para penikmatnya. 

Memiliki beragam versi yang berbeda di setiap daerah yakni dengan kuah bening, kuning, hingga bersantan, sajian ini menjadi favorit banyak orang lho! Penasaran dengan ragam kuliner berkuah sati ini di Nusantara? Yuk simak perbedaannya!

Soto Kudus

Kuliner asli Kudus, Jawa Tengah ini punya penampilan yang sangat mudah dikenali dengan ciri khas porsinya yang kecil. Satu porsinya hanya disajikan dalam mangkuk berukuran mungil. Meski porsinya sedikit, cita rasanya tak pernah mengecewakan lidah lho! Ada dua macam, kuliner ini menawarkan varian daging ayam dan daging kerbau. Isian ayam menjadi yang lebih populer yakni dengan isi irisan ayam, irisan telur rebus, tauge panjang yang disiram dengan kuah bening menyegarkan.

Soto Betawi

Memiliki cita rasa yang unik, soto betawi menjadi pilihan kuliner yang disukai banyak orang. Kuah santan yang dicampur dengan susu sapi membuat rasanya lebih gurih dan kaya. Untuk isian, soto betawi biasanya menawarkan daging dan jeroan sapi yang melimpah. Kuliner ini biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk emping dan juga acar mentimun yang bisa menambah keunikan rasa yang ditawarkannya.

Soto Lamongan

Terkenal dengan bubuk koya atau serbuk yang terbuat dari udang dan bawang, soto lamongan sangat familiar untuk sebagian masyarakat Indonesia. Lebih spesial, sajian ini memiliki kuah berwarna kuning segar yang dilengkapi dengan irisan daging ayam kampung. Ditambah bihun dan tauge, sajian soto lamongan ini bisa membuatmu kenyang saat menyantapnya.

Soto Madura

Menjadi salah satu kuliner yang populer diantara masyarakat Indonesia, soto madura memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Secara tampilan memang tak jauh berbeda dengan soto kudus. Namun, porsi yang ditawarkan soto madura jauh lebih besar. Dilengkapi dengan daging sapi atau ayam, irisan kol, bihun, telur ayam dan tauge, sajian ini disiram dengan kuah kuning bening yang menggoyang lidah.

Soto Banjar

Beralih ke Kalimantan, sajian Soto Banjar menjadi favorit di sana. Berbeda dengan jenis soto lainnya, kuliner satu ini secara tampilan memang terlihat lebih pucat. Kuahnya yang pucat ini disebabkan karena bahannya tidak mengandung santan dan juga kunyit. Tapi jangan salah, meski tampilannya pucat cita rasa dari kuliner khas Banjar ini tak perlu diragukan ya! Berisi daging ayam, telur rebus, perkedel, bihun, dan ketupat, soto banjar dijamin bisa memanjakan lidahmu.

Soto Padang

Terkenal dengan kuliner enak dan cita rasa kuatnya, Kota Padang memang menyimpan banyak kuliner sedap. Salah satunya Soto Padang yang berisikan daging sapi goreng, bihun, perkedel yang disiram kuah bening. Rasanya? Tentu saja gurih dan segar, serta kuat akan rempah-rempah khas Nusantara. Ditambah sedikit cuka, rasa soto padang akan semakin sempurna lho!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Wajah Glowing dengan MS Glow

Merawat kulit wajah sejak dini merupakan hal yang penting dilakukan untuk setiap orang. Apalagi, jika kamu hidup di perkotaan...

Makan Hemat dengan Tukar Poin GRES di Digiresto

Halo, Sahabat SiCepat! Yuk, tukar poin GRES kamu dengan e-voucher untuk pesan makanan di Digiresto! Kamu akan mendapatkan ektsra...

Aksi Karyawan SiCepat Antar Korban Kecelakaan dengan Mobil Ekspedisi

SiCepat Ekspres melalui Tim HRD memberikan apresiasi dan uang tunai kepada Indra Kurniawan, karyawan yang bekerja sebagai petugas keamanan...

Populer Artikel