Sunday, September 25, 2022
34.6 C
Jakarta
More

    Resep Membuat Jajanan Korea, Tteokpokki!

    Jajanan khas Korea Selatan Tteokpokki kini sangat populer di Indonesia. Tteokpokki merupakan makanan yang terbuat dari Tteok (tepung beras dalam bahasa Korea). Karena dibuat dari tepung beras, jajanan satu ini memiliki tekstur yang sangat kenyal dan juga cukup mengenyangkan. Biasanya, tteokpokki dihidangkan dengan tampilan berwarna merah yang berasal dari gochujang (pasta saus cabai) sehingga membuat rasanya pedas. Tak dihidangkan sendirian hanya tteok atau kur berasnya saja, biasanya tteokpokki juga ditambahkan dengan berbagai topping mulai dari sosis, bakso ikan (fishcake), hingga telur rebus.

    Makanan satu ini ternyata tidak terlalu sulit dibuat lho! Untuk kamu yang ingin bereksperimen membuat jajanan Korea ini, ini dia resep bahan dan cara membuatnya ya!

    Baca juga Kimjang, Tradisi Membuat Kimchi di Korea Selatan

    Bahan membuat tteok (kue beras):

    1. 250 gram tepung beras
    2. 3 sendok makan tepung tapioka
    3. Air panas
    4. Garam secukupnya
    5. Minyak goreng

    Bahan membuat saus:

    Baca juga 5 Makanan Khas Korea Selatan yang Populer di Indonesia

    1. 5 siung bawang putih
    2. 2 sdm pasta saus cabai (gochujang)
    3. 2 siung bawang merah
    4. 2 buah cabai rawit
    5. 2 sdm gula pasir
    6. Merica secukupnya
    7. Garam secukupnya
    8. Minyak goreng

    Cara membuat :

    1. Campurkan tepung tapioka, tepung beras, garam dan aduk dengan rata sambil tuangi air panas sedikit demi sedikit. Aduk hingga adonan kalis dan bisa diuleni dengan tangan
    2. Uleni adonan tteok, buat seperti bentuk silinder panjang dengan ketebalan sekitar 1 cm. Setelah itu potonglah sepanjang 2 ruas jari.
    3. Rebus adonan tteok di dalam air yang sudah diberi sedikit minyak goreng gar tidak lengket. Jika sudah mendidih dan tteok mulai mengambang, angkatlah dari panci. Tiriskan air dan sisihkan.
    4. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit kemudian tumis dengan minyak goreng hingga harum. Kemudian, masukkan pasta saus cabai (gochujang) dan tambahkan air, gula, garam, merica secukupnya. Aduklah hingga merata dan tidak ada gumpalan
    5. Jika bumbu sudah merata, masukkan tteok ke dalamnya, aduk hingga rata. Tambahkan berbagai topping lain seperti sosis dan bakso ikan. Tunggulah hingga mendidih dan sedikit mengental
    6. Sajikan tteokpokki di atas piring. Jangan lupa beri hiasan seperti potongan daung bawang dan juga biji wijen yang telah disangrai. Agar lebih cantik, tambahkan juga irisan telur rebus di atasnya. Tteokpokki pun siap disantap!
    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here