Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    5 Makanan Khas Korea Selatan yang Populer di Indonesia

    Selain budaya K-Pop yang sudah mendunia, sajian makanan khas Korea Selatan juga mulai banyak digemari oleh masyarakat, termasuk Indonesia. Citarasa masakan korea yang unik dengan banyaknya lauk pauk pendamping tentu membuat lidah bergoyang ingin mencicipnya. Meski berbeda jauh dengan ciri khas kuliner Nusantara, hidangan korea ini tetap memiliki penggemar setia lho! Beberapa diantaranya bahkan sudah umum dijual di foodstreet yang ada di Indonesia.

    Nah kira-kira, makanan khas Korea Selatan mana yang populer dan memiliki banyak penggermar di Indonesia ya? Yuk simak.

    Kimchi

    Tak lengkap rasanya makan makanan Korea tanpa kimchi. Lauk pendamping yang terbuat dari sayur fermentasi ini sangat populer di Indonesia. Berkat kemunculannya yang sangat sering di hampir semua tayangan televisi Korea, popularitas kimchi tentu sudah sangat mendunia. Citarasa kimchi sendiri memiliki rasa khas pedas masam yang unik karena telah difermentasi beberapa waktu. Makanan satu ini mengandung banyak vitamin bagi tubuh lho! Karena terbuat dari berbagai jenis sayuran. Kimchi paling lezat dinikmati dengan nasi panas dan juga menu lauk pauk lainnya seperti bulgogi atau daging panggang, serta ramyeon (mie rebus Korea).

    Tteokpokki

    Meski pengucapannya agak sulit, jajanan khas Korea satu ini sudah sangat populer di Indonesia. Terbuat dari tepung beras yang kenyal dan dicampur dengan bumbu cabai merah pedas, sajian satu ini tentu digemari oleh penyuka budaya Korea. Bukan merupakan menu berat, tteokpokki biasanya disajikan sebagai jajanan ringan yang sering ditemui di pinggir jalan. Tak hanya berisi kue beras yang kenyal saja, tteokpokki biasanya juga dicampur dengan berbagai topping lain seperti sosis, bakso, atau telur. Rasanya? Pedas namun tetap nikmat untuk dinikmati sebagai camilan kok!

    Baca juga Resep Membuat Jajanan Korea, Tteokpokki!

    Ramyeon

    Sajian satu ini tidak begitu spesial karena setiap negara pasti memilikinya. Ramyeon adalah sebutan untuk sajian mie rebus instan di Korea Selatan. Tampilannya tak beda jauh dengan Ramen di Jepang. Yang membuat ramyeon asal Korea spesial adalah cara penyajiannya. Hidangan satu ini biasanya disajikan saat panas dengan menggunakan wadah panci emas kecil. Kemudian, kamu bisa mencicipi ramyeon ini dari pancinya langsung. Ciri khas dari ramyeon sendiri biasanya memiliki rasa pedas namun menyegarkan. Tertarik?

    Baca juga

    Bibimbap

    Jika melihat tampilannya, sekilas agak mirip dengan pecel asal Indonesia. Namun bedanya, sajian bibimbap asal Korea ini tidak menggunakan bumbu kacang ya! Bibimbap merupakan hidangan khas Korea yang menyajikan nasi yang dilengkapi dengan tumisan sayur, daging, dan juga telur. Cara memakannya sangat unik. Campurkan semua nasi dengan tumisan lauk hingga merata dan tambahkan bumbu pasta cabai atau gochujjang dan juga minyak wijen. Setela merata, baru kamu bisa menyantapnya. Sajian ini sangat sehat karena menggunakan bahan dasar sayuran segar ya!

    Baca juga Kuliner Enak Khas Kota Wuhan

    Kimbap

    Makanan satu ini secara tampilan sangat mirip dengan Sushi yang ada di Jepang. Kimbap merupakan hidangan khas Korea yang menyajikan nasi dengan sayur-mayur serta lauk dengan cara digulung dan dibalut rumput laut. Makanan ini digemari karena bentuknya yang simpel dan praktis. Berbeda dengan sushi, kimbap mengandung lebih banyak sayuran di dalamnya mulai dari bayam, timun, hingga wortel. Isiannya pun bervariasi, ada yang berisi daging sapi, ayam, atau telur. Kimbap biasanya digunakan sebagai bekal untuk dibawa ke kantor atau saat piknik bersama keluarga. Terlihat enak ya?

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here