Thursday, August 5, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Mendekatkan Diri Dengan Customer

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sebagai penjual yang baik, selain memberikan produk yang berkualitas, harga yang sesuai, pengemasan yang aman, dan pengiriman yang cepat, kamu juga perlu mendekatkan diri atau PDKT dengan customer. Tujuannya agar para pembeli merasa lebih dihargai, dimengerti, dan diberikan rasa aman saat berbelanja di tokomu. 

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan penjual agar lebih akrab lagi dengan para pelanggan? Berikut tips dan trik agar PDKT kamu dan customer berjalan lancar!

Menyapa customer dengan ramah 

Biasanya, sebelum hendak memesan barang di tokomu, pelanggan akan menghubungi kamu baik melalui nomor WhatsApp atau fitur chat di e-commerce. Mereka akan bertanya, “Apakah produk tersedia?”, “Kapan barang bisa dikirim?”, “Apakah ada produk ini tersedia dalam warna lain?”, dan sebagainya. 

Jika kamu mendapatkan chat seperti itu, sebagai penjual, kamu bisa menjawab dengan mengucapkan selamat datang di toko kami, kemudian memperkenalkan diri terlebih dahulu, dan yang terakhir kamu bisa menjawab pertanyaan mereka. 

Photo by Dương Nhân

Jangan “ghosting”  customer 

Atur waktu sebaik mungkin untuk membalas pesan para customer. Jika terlalu banyak pesan yang masuk, kamu dapat mengaktifkan chat otomatis yang menyatakan bahwa sekarang ini toko sedang ramai dan pesan akan dibalas satu per satu mulai dari bawah. 

Jangan sampai customer merasa di-ghosting karena kamu membalas terlalu lama bahkan sampai tidak ada balasan hingga lebih dari 24 jam, terutama untuk pelanggan yang sudah pasti  ingin membeli atau sudah membeli produk di toko kamu. Slow response atau balasan yang lama akan membuat reputasi toko kamu jadi menurun. 

Puji pelanggan dengan tulus 

Jika pelanggan memberikan penilaian, saran, atau komentar yang baik kepada produk atau toko kamu, ucapkanlah terima kasih. Kamu juga bisa tambahkan dengan “Wah, senangnya dapat feedback dari customer” atau “Semoga kakak suka ya dengan produk kami.” Untuk menutup percakapan, kamu bisa menawarkan bantuan jika customer mengalami kesulitan pada produk atau keluhan lainnya. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Bakti Sosial Donatur Bersama SiCepat Ekspres dan GBI El Gibbor

Melalui kegiatan bakti sosial, masyarakat Indonesia tidak henti-hentinya memberikan dukungan semangat, serta bantuan untuk mereka yang terdampak pandemi COVID-19...

PPKM Level 4 Dilanjutkan Sampai 9 Agustus 2021

Presiden Joko Widodo mengumumkan PPKM level 4 dilanjutkan di beberapa kabupaten/kota. PPKM level 4 ini akan berlaku mulai dari...

Bangkitkan UMKM Indonesia di Tengah Pandemi

Sebagian produk-produk lokal dan UMKM Indonesia terbukti mampu bersaing dengan merek-merek internasional. Walaupun pada segmen tertentu, seperti produk elektronik,...

Populer Artikel